Sukses

Panja Jiwasraya Komisi VI DPR Dipimpin PDIP, Demokrat Belum Kirim Nama

Demokrat diketahui lebih mendorong pembentukan pansus ketimbang panja di kasus Jiwasraya.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi VI DPR telah menetapkan anggota panitia kerja (Panja) Jiwasraya. Wakil Ketua Komisi VI Fraksi PDIP Aria Bima ditunjuk sebagai ketua panja dengan sekretaris Mohamad Hekal, Wakil Ketua Komisi VI dari Fraksi Gerindra.

"Memutuskan keanggotaan panitia kerja, jadi Komisi VI membentuk tiga panja. Yang pertama adalah Panja Permasalahan Asuransi Jiwasraya, yang kedua Panja Perdangan Komoditas Ekspor, yang ketiga Panja BUMN Energi," ujar Wakil Ketua Komisi VI Fraksi Nasdem Martin Manurung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Dari sembilan fraksi di DPR, hanya Demokrat yang belum mengirimkan nama dalam Panja Jiwasraya. Demokrat memiliki dua slot anggota Panja yang belum diisi.

Martin tak mengungkap mengapa Demokrat belum mengirim anggota untuk Panja Jiwasraya. Demokrat sendiri bersikap lebih mendorong Pansus ketimbang Panja.

"Tadi kami mendapatkan masukan dari fraksi Partai Demokrat memang Fraksi Partai Demokrat belum mengirim nama-nama untuk Panja Jiwasraya karena memang mendukung keputusan dari fraksi terkait dengan nama-nama yang diajukan apakah fraksi Partai Demokrat memutuskan yang lain," kata Martin.

Secara terpisah, anggota Fraksi Demokrat Benny K Harman tak melihat ada urgensi dengan Panja. Demokrat menilai Panja Jiwasraya tidak kuat untuk melakukan penyelidikan.

"Tidak mengirim nama tidak ada masalah. Panja kan tidak terlalu penting, alat komisi itu. Panja itu tidak memiliki daya dukung yang kuat untuk melakukan penyelidikan terhadap kejahatan besar yang complicated, terorganisir dan sistemik," ujar Benny.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan Panja Jiwasraya Komisi VI DPR

Berikut nama anggota Panja Jiwasraya di Komisi VI DPR:

PDIP

Aria Bima (Wakil Ketua Komisi VI)

Gilang Dhielafararez

Darmadi Duranto

Rieke Diah Pitaloka

SR Ananta Wahana

Sonny T Danaparamita

Deddy Yevri Hanteru Sitorus

Golkar

Gde Sumarjaya Linggih (Wakil Ketua Komisi VI)

Mukhtarudin

Mohamad Idris Laena

Singgih Janurtmoko

Doni Akbar

Gerindra

Mohamad Hekal (Wakil Ketua Komisi VI)

Khilmi

Andre Rosiade

Hendrik Lewerissa

Nasdem

Martin Manurung (Wakil Ketua Komisi VI)

Nyat Kadir

Zuristyo Firmadata

PKB

Faisol Riza (Ketua Komisi VI)

Nasim Khan

Siti Mukaromah

Mohammad Toha

Demokrat

-

PKS

Amin AK

Nevi Zuairina

PAN

Nasril Bahar

Daeng Muhammad

PPP

Achmad Baidowi

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.