Sukses

Polri Gelar Operasi Bibir Sumbing hingga Khitanan Massal Gratis

Bakti kesehatan di wilayah hukum Polda Jateng ini digelar mulai Kamis hingga Minggu mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri menggelar acara bakti kesehatan di wilayah hukum Polda Jawa Tengah. Sejumlah kegiatan pengobatan gratis mulai dari operasi bibir sumbing sampai khitanan massal digelar.

Rangkaian acara bakti kesehatan digelar di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jateng mulai Kamis (13/2/2020) hingga Minggu 16 Februari mendatang.

Kabagopsnalmed Pusdokkes Polri Kombes Budi Heryadi mengatakan, puncak kegiatan ini akan digelar bebarengan dengan kegiatan bakti sosial yang dihadiri oleh Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto mewakili Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Nanti kegiatannya, puncaknya hari Sabtu, mulai hari ini dilaksanakan operasi bibir sumbing, operasi katarak di RS Bhayangkara Semarang sampai Minggu. Sabtu ada pengobatan gratis berupa pengobatan umum, pengobatan gigi, pemeriksaan laboraturium gratis, penyuluhan gigi dan khitanan masal," ucap Budi.

Budi mengatakan, Pusdokkes Polri mengirimkan empat dokter terdiri dari dokter umum dan dokter spesialis. Selebihnya, Dokkes Polda Jateng diperbantukan dalam acara tersebut.

"Iya dari Pusdokkes ada 4, sebagai pelaksana dari Polda Jateng," ucapnya.

Adapun target pengobatan umum ini diharapkan bisa diikuti oleh 2.500 - 3.000 masyarakat. Sementara khitanan massal ditargetkan 50 orang, tetapi jumlah ini bisa saja bertambah dan Pusdokkes Polri siap untuk melayani.

"Dari Kabaharkam nanti menyiapkan 3.000 paket baksos, sembako. Kemudian untuk khitanan targetnya 50, kalau sampai 100 dilayani tetap. Lalu operasi katarak target 36 orang tapi sudah 76 orang sampai hari ini, operasi bibir sumbing 14 orang yang daftar, kalau lebih kita kerjakan. Jadi kita habiskan semua. Jumlahnya masih bisa berubah," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukti Negara Hadir

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iskandar FS mengatakan, Bhakti Sosial Polri kali ini digelar di Provinsi Jawa Tengah.

"Kegiatan kita bhakti sosial ini dari Polri pada masyarakat, artinya inilah bakti Polri kepada masyarakat, untuk peduli bagaimana kesulitan-kesulitan masyarakat di daerah," kata dia.

Kegiatan peduli itu, kata dia, menunjukkan bahwa negara itu hadir di tengah-tengah masyarakat.

Kepala Bidang Dokter Kesehatan Polda Jateng, Kombes Tri Y P menambahkan, bhakti sosial juga menjadi sarana Polri mendekatkan diri kepada masyarakat. Semua kegiatan ini bersifat gratis untuk seluruh masyarakat.

"Mendekatkan diri kepada masyarakat, memang kepedulian Polri kepada masyarakat, jangan sampai masyarakat kesannya Polri itu penegak hukum, menangkap pencuri, menangkap penjahat, bukan itu saja," katanya.

"Gratis, mendaftar bisa lewat media sosial, telepon, dan datang langsung. Di sini nanti kita skrining, kalau sudah saatnya operasi kita operasi, kalau belum kita obati terlebih dahulu," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.