BMKG: 2 Gempa Getarkan Indonesia Hari Ini

Oleh Devira Prastiwi pada 20 Jan 2020, 19:59 WIB
Diperbarui 20 Jan 2020, 19:59 WIB
Gempa Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Gempa menggetarkan sejumlah wilayah Indonesia hari ini. Hingga pukul 19.30 WIB, setidaknya ada dua wilayah di Nusantara yang digetarkan lindu.

Informasi mengenai gempa ini dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Senin (20/1/2020).

Lindu pertama membuat wilayah Bayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten bergetar. Gempa terjadi pada pukul 12.55 WIB.

Bahkan getarannya terasa hingga Cigemblong dan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten serta Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, lindu juga ikut menggetarkan Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Gempa itu terjadi pada pukul 13.54 WIB dengan magnitudo 1,4. Getaran gempa bahkan terasa hingga Dieng, Provinsi Jawa Tengah.

Berikut dua gempa yang menggetarkan Indonesia dihimpun Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

2 dari 4 halaman

Bayah

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Lindu pertama pada hari ini terjadi di Bayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten bergetar. Getaran itu terjadi pada pukul 12.55 WIB.

Getaran gempa bahkan terasa hingga hingga Cigemblong dan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten serta Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Pusat gempa berada di laut 64 kilometer Barat Daya Bayah. Lindu yang terjadi berkekuatan magnitudo 3,7.

Lokasi gempa berada pada titik 7,21 Lintang Selatan dan 106,03 Bujur Timur. BMKG menyatakan, gempa dengan kedalaman 28 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami.

3 dari 4 halaman

Wonosobo

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa kedua terjadi di Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Gempa itu terjadi pada pukul 13.54 WIB. Getaran gempa bahkan terasa hingga Dieng, Provinsi Jawa Tengah.

Lindu ini berkekuatan magnitudo 1,4. Lokasi gempa berada pada titik 7,25 Lintang Selatan dan 109,91 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di darat 12 kilometer utara Wonosobo dengan kedalaman 5 kilometer. BMKG menyatakan, gempa dengan kedalaman 11 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami.

 

(Winda Nelfira)

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓