Sukses

BMKG: 2 Gempa Getarkan Indonesia Hari Ini

Getaran gempa terasa hingga Cigemblong dan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten serta Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa menggetarkan sejumlah wilayah Indonesia hari ini. Hingga pukul 19.30 WIB, setidaknya ada dua wilayah di Nusantara yang digetarkan lindu.

Informasi mengenai gempa ini dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Senin (20/1/2020).

Lindu pertama membuat wilayah Bayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten bergetar. Gempa terjadi pada pukul 12.55 WIB.

Bahkan getarannya terasa hingga Cigemblong dan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten serta Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, lindu juga ikut menggetarkan Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Gempa itu terjadi pada pukul 13.54 WIB dengan magnitudo 1,4. Getaran gempa bahkan terasa hingga Dieng, Provinsi Jawa Tengah.

Berikut dua gempa yang menggetarkan Indonesia dihimpun Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bayah

Lindu pertama pada hari ini terjadi di Bayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten bergetar. Getaran itu terjadi pada pukul 12.55 WIB.

Getaran gempa bahkan terasa hingga hingga Cigemblong dan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten serta Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Pusat gempa berada di laut 64 kilometer Barat Daya Bayah. Lindu yang terjadi berkekuatan magnitudo 3,7.

Lokasi gempa berada pada titik 7,21 Lintang Selatan dan 106,03 Bujur Timur. BMKG menyatakan, gempa dengan kedalaman 28 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami.

3 dari 3 halaman

Wonosobo

Gempa kedua terjadi di Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Gempa itu terjadi pada pukul 13.54 WIB. Getaran gempa bahkan terasa hingga Dieng, Provinsi Jawa Tengah.

Lindu ini berkekuatan magnitudo 1,4. Lokasi gempa berada pada titik 7,25 Lintang Selatan dan 109,91 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di darat 12 kilometer utara Wonosobo dengan kedalaman 5 kilometer. BMKG menyatakan, gempa dengan kedalaman 11 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami.

 

(Winda Nelfira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa