Jokowi Targetkan Pembangunan Pelabuhan Multifungsi Labuan Bajo Selesai Akhir Tahun

Oleh Yopi Makdori pada 20 Jan 2020, 16:55 WIB
Diperbarui 20 Jan 2020, 16:55 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Puncang Waringin yang akan menjadi pusat industri kreatif (creative hub) di Kabupaten Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (20/1/2020).
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Puncang Waringin yang akan menjadi pusat industri kreatif (creative hub) di Kabupaten Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (20/1/2020).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan pembangunan pelabuhan multifungsi di Labuan Bajo akan rampung pada akhir tahun 2020.

"Insyaallah akhir tahun ini selesai. Sedikit demi sedikit ditarik ke sana (kontainer)," kata Jokowi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (20/1/2020).

Dia mengatakan, pelabuhan lama atau Pelabuhan Labuan Bajo juga akan dirombak menjadi lebih ramah akan wisatawan. Ia mengaku desain revitalisasi pelabuhan lama sudah dipersiapkan.

"Desainnya bisa dilihat nanti seperti apa sehingga wajah muka ke arah laut semua akan berubah dari ujung sana sampai di hotel baru yang ada (Hotel Inaya Bay). Semua nanti akan berubah total," papar Jokowi.

Di sana juga akan disediakan beragam fasilitas penunjang bagi wisatawan. Misalnya seperti pembangunan Plaza, City Walk, dan juga ruang publik.

"Ada amplicater-nya dan itu menjadi sebuah ruang publik bagi wisatawan menikmati pagi hari di sini dan senja di Labuan Bajo. Saya kira semuanya masih dalam progres yang tepat waktu," pungkas Jokowi.

2 dari 3 halaman

Sambangi Bakal Pelabuhan Multifungsi

Menhub Budi Karya Sumadi menemani Presiden Jokowi menyambangi Pelabuhan Multifungsi di Labuan Bajo
Perbesar
Menhub Budi Karya Sumadi menemani Presiden Jokowi menyambangi Pelabuhan Multifungsi di Labuan Bajo, Senin (20/12020). (Liputan6.com/ Yopi Makdori).

Sebelumnya Presiden meninjau lahan bakal pelabuhan multifungsi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ia didampingi oleh beberapa menteri terkait seperti, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo serta beberapa pejabat daerah.

Di samping meninjau pelabuhan multifungsi, Presiden juga menyambangi objek wisata baru yang tengah dikembangkan oleh Kementerian PUPR, yakni Puncak Waringin.

"Ini juga nanti (Puncak) Waringin ini akan menjadi creative hub di mana usaha kecil, usaha mikro, usaha menengan progresnya akan disajikan di sini," ungkap Jokowi.

Untuk mempersiapkan hal itu, menurut dia perlu juga adanya pelatihan bagi usahawan lokal. "Saya kira dalam semua hal harus kita injeksi dan diberikan training agar packaging kemasan bisa ditingkatkan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓