Sukses

Jakarta Diguyur Hujan Pagi Hari, Pintu Air Manggarai Siaga Tiga

Naiknya status pintu air Manggarai, ikut mempengaruhi seluruh pintu air di aliran Sungai Ciliwung.

Liputan6.com, Jakarta - Pintu air Manggarai, Jakarta Pusat hingga pukul 08.30 WIB berstatus siaga tiga dengan ketinggian air mencapai 754 cm. Situasi ini menyusul hujan yang mengguyur Ibu Kota Jakarta, sejak Sabtu (18/1/2020) dini hari.

Dikutip dari Antara, ketinggian normal di pintu air Manggarai di bawah 750 cm. Saat ini petugas tengah berupaya membersihkan dan mengangkut tumpukan sampah yang tersangkut di pintu air.

Naiknya status pintu air Manggarai, ikut mempengaruhi seluruh pintu air di aliran Sungai Ciliwung, yakni pintu air Istiqlal berstatus siaga dua dengan tinggi air 335 cm. Status normal pintu air Istiqlal di bawah 250 cm.

Selanjutnya pintu air Jembatan Merah berstatus siaga satu dengan ketinggian air 222 cm. Status normal atau siaga empat, ketinggian air di pintu air tersebut di bawah 100 cm.

Selain itu, beberapa pintu air lainnya terpantau berstatus siaga tiga diantaranya pintu air Hek di Kali Baru Timur dengan tinggi air 157 cm, pintu air Karet di Banjir Kanal Barat dengan tinggi air 540 cm (normal di bawah 450 cm), pintu air Pompa Kali Duri dengan tinggi air 239 cm(normal di bawah 220 cm).

Dua pintu air di Jakarta Utara yang mengukur masuknya air laut ke daratan berstatus siaga dua yakni pintu air Marina Ancol dengan tinggi air 205 cm (normal di bawah 170 cm) dan pintu air Pasar Ikan dengan tinggi air 199 cm (normal di bawah 170 cm).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beberapa Ruas Jalan Tergenang

Sebelumnya, hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya, Sabtu (18/1/2020) pagi. Sejumlah kawasan di Ibu Kota pun tergenang air.

Berikut sejumlah wilayah yang tergenang air dikutip dari laman Twitter Traffic Management Center Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro.

Genangan antara lain tercatat di Jalan Jendral Sudirman (Kolong Semanggi)tepatnya di depan Universitas Atmajaya arah semanggi. Genangan air juga terlihat di Jalan Gatot Subroto setelah Traffic light Kuningan arah Semanggi.

Kemudian, air juga tergenang Jalan Tanjung Duren Raya depan kantor Pemadam Jakbar serta di sekitar Pos Pengumben. Namun, kendaraan masih bisa melintas di kawasan ini.

Genangan juga terlihat Jalan Cikini Raya Jakarta Pusat dan di Jalan Traffic light Millenuim Tanah Abang.

Demikian pula di depan Ramayana arah PGC Cililitan Jaktim, air tergenang dan membuat pengemudi kendaraan harus hati-hati.

Sementara genangan air di Jalan Arjuna Selatan depan sekolah Bina Bangsa 20 cm. Demikian pula genangan Air di wilayah Kelapa Gading saat ini masih bisa dilintasi kendaraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.