Sukses

Heboh Klaim Kerajaan Baru, Kemendagri Pastikan Tak Ada Hubungan dengan Pilkada

Klaim kerajaan baru kembali menggegerkan publik di Tanah Air. Selain Keraton Agung di Purworejo, kini ada Sunda Empire di Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Klaim kerajaan baru kembali menggegerkan publik di Tanah Air. Selain Keraton Agung di Purworejo, kini ada Sunda Empire di Bandung.

Kemendagri angkat bicara mengenai hal ini. Plt Dirjen Politik dan Hukum Bahtiar menegaskan hal ini tak ada hubungannya dengan Pilkada 2020.

"Tidak ada. Biar kepolisian setempat akan mengekspose hasil," kata Bahtiar di kantornya, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan Kemendagri itu juga meminta Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah untuk memperhatikan masyarakat di wilayahnya. Selain memberikan wawasan, juga menjaga agar tak muncul lagi kasus serupa.

"Masyarakat kita ini harus diberi wawasan pendidikan bahwa jangan mudah percaya hal-hal seperti itu," jelas Bahtiar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera Ditangani

Dia menuturkan, tidak ada yang melarang kebebasan orang untuk berkumpul. Tapi, jika ada indikasi pidana, harus segera ditangani.

"Kalau kegiatan sosial ya harus kegiatannya sosial, itu malah dibungkus kegiatan sosial tetapi mungkin nanti ada soal penipuan, ada soal-soal pidana dan seterusnya," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.