Sukses

Jokowi Tunjuk Laksdya TNI Aan Kurnia Jadi Kepala Bakamla

Laksdya TNI Aan Kurnia nantinya akan menggantikan Laksdya Taufiqoerrochman di Bakamla.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengungkapkan, sudah menunjuk Laksamana Madya (Laksdya) TNI Aan Kurnia sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) baru. Nantinya Aan akan menggantikan Laksdya Achmad Taufiqoerrochman.

"Pak Aan," singkat Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Dia menjelaskan, sebenarnya ada tiga perwira tinggi (pati) TNI yang diseleksi tim penilai akhir (TPA) untuk mengisi jabatan Kepala Bakamla. Namun Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut enggan merinci tiga nama kandidat tersebut.

"Di TPA banyak pertimbangan, ada 3 calon," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, Laksdya Taufiqoerrochman mulai menjabat sebagai Kepala Bakamla sejak 24 September 2018. Pria kelahiran 18 Oktober 1961 telah berumur 58 tahun dan akan memasuki masa pensiun.

Laksdya Taufiqoerrochman pernah menjadi Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut pada 2017-2018. Taufiqoerrochman tercatat memiliki prestasi gemilang saat memimpin 'Operasi Satgas Merah Putih', sebuah operasi untuk membebaskan awak kapal MV Sinar Kudus yang disandera di Somalia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.