Sukses

Top 3 News: Ahok yang Kembali Mencuat Usai Jadi Komisaris Utama Pertamina

Status Ahok yang merupakan kader PDIP pun dipertanyakan sebelum didaulat Menteri BUMN Erick Thohir menjabat di Pertamina.

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, berita Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok selalu menarik perhatian. Apalagi kini setelah menduduki posisi Komisaris Utama di Pertamina, mantan orang nomor 1 di DKI itu kembali menuai sorotan.

Selain gaya bicara Ahok yang suka ceplas ceplos, emosional, bahkan tak sungkan menegur bawahan, statusnya yang merupakan kader PDIP pun dipertanyakan sebelum didaulat Menteri BUMN Erick Thohir menjabat di Pertamina.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah mengungkap sosok Fanni, sang permaisuri Keraton Agung Sejagat yang belum lama ini menghebohkan publik Tanah Air.

Bersama teman dekatnya Toto Santosa, keduanya mendirikan sebuah kerajaan dan mendeklarasikan diri sebagai pasangan raja dan ratu di Purworejo, Jawa Tengah. Ide tersebut belakangan tercetus dari Fanni untuk mendirikan Keraton Agung Sejagat.

Sebelum di Jawa Tengah tepatnya di Purworejo, kerajaan yang sama juga sempat mau didirikan di Yogyakarta. Namun, ide tersebut ditolak masyarakat.

Lantas, apa kabar dengan rumah DP 0 persen yang dicetuskan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan? Sejak diresmikan pada Agustus 2019, baru ada 85 unit yang terisi dari 780 unit yang tersedia. 

Ada apa gerangan?

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Kamis, 16 Januari 2020:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ahok Jadi Komisaris Utama Pertamina, Ini 4 Kontroversinya

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi menduduki kursi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) pada Senin, 25 November 2019 lalu.

Ahok pun sudah mulai bekerja. Pada 21 Desember 2019, ia mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau penyelesaian kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, Jawa Timur.

Selain itu, Ahok pun kini memiliki dua jabatan di Pertamina berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina, Senin, 23 Desember 2019. Tak hanya Komisaris Utama, mantan Bupati Belitung itu kini juga menjadi Komisaris Independen.

Namun sebelum itu, penunjukan Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) sempat diwarnai pro dan kontra.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Siapa Fanni, Sosok Permaisuri Keraton Agung Sejagat?

Kemunculan Keraton Agung Sejagat bikin geger publik Tanah Air. Totok Santosa dan Fanni Aminadia mengklaim dirinya sebagai pasangan raja dan ratu dari kerajaan yang didirikan di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Keduanya kini ditahan dan dijerat pasal berlapis dengan ancaman 10 tahun penjara. 

Fakta menarik lain yang diungkap pihak kepolisian, bahwa Toto dan Fanni bukanlah pasangan suami istri. Bahkan diketahui Fannilah di balik ide pendirian Keraton Agung Sejagat. 

"Itu ternyata bukan suami istri beneran. Istri siri boleh dikatakan seperti itu" ujar Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna saat dihubungi Liputan6.com, Rabu, 15 Januari 2020. 

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Ironi Rumah DP 0 Rupiah yang Sepi Penghuni

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang berusaha menepati janjinya untuk menjalankan program Rumah DP 0 Rupiah. Rumah susun milik yang diberi nama Rusunami Klapa Village ini dibangun di Pondok Kelapa, Jakarta Timur dan telah menarik minat masyarakat sejak diresmikan pada Agustus 2019. Pendaftarnya membludak. 

Meski begitu, hingga saat ini baru ada 85 unit yang terisi dari 780 unit yang tersedia. Ini jelas membingungkan. Ada apa?

Walau banyak peminat, nyatanya tak banyak warga yang lolos persyaratan untuk bisa mulai mencicil unit rusunami itu.

"Dari 1.485 permohonan KPR (kredit pemilikan rumah) itu sudah disetujui oleh Bank DKI 502 unit, 502 orang, dan sudah diakad KPR kan 135 orang. Jadi dari 135 itu yang sudah proses pindah, dan sudah menghuni di Pondok Kelapa ada 85 orang," kata Dzikran kepada Liputan6.com di kantornya, Jakarta, 27 Desember 2019.

Lantas, apa yang membuat 50 orang lainnya tak cepat pindah? Selain itu, bagaimana dengan 645 unit lainnya yang belum juga dibeli padahal jumlah pendaftar mencapai lebih dari itu?

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.