Sukses

Waspada Penipuan Online Shop via Medsos

Bukan hanya iming-iming harga lebih murah, para pelaku penipuan online juga menggunakan beragam modus yang kian canggih.

 

Liputan6.com, Jakarta - Kasus penipuan online, khususnya online shop melalui media sosial atau medsos kian marak dalam setahun terakhir. Bukan hanya iming-iming harga lebih murah, para penipu juga menggunakan beragam modus yang kian canggih.

Bila tidak hati-hati dan cermat, para pembeli bisa menjadi korban penipuan online melalui medsos. Para penipu umumnya membuat akun di medsos untuk menebar bujuk rayu.

Adapun situs belanja online resmi biasanya mempunyai sistem pengamanan khusus. Korban pun bisa segera melaporkan ke pengelola situs tersebut.

Berapa jumlah laporan penipuan online yang tercatat di kepolisian? Bagaimana ciri-ciri  dan tips penipuan online menghindarinya? Simak dalam Infografis berikut ini:

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.