Sukses

DPRD DKI: Anies Sudah Maksimal soal Banjir

Kendati begitu, dia menilai Pemprov DKI Jakarta masih terus evaluasi untuk penanganan banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi menyebut Gubernur Anies Baswedan telah maksimal dalam menangangi banjir awal tahun 2020.

"Anies sudah maksimal baik sebelum atau pasca," kata Suhaimi saat dihubungi, Kamis (16/1/2020).

Kendati begitu, dia menilai Pemprov DKI Jakarta masih terus evaluasi untuk penanganan banjir, seperti halnya dalam penambahan jumlah petugas.

"Bisa dipercepat lagi, berarti harus menambah pasukan banyak libatkan masyarakat dan menambah alat-alat," ucapnya.

Anggota Fraksi PKS ini memaklumi adanya unjuk rasa masyarakat terkait banjir Jakarta beberapa hari yang lalu. Hal terpenting, kata dia, yakni tidak merusak fasilitas umum yang ada.

"Boleh-boleh aja demo baik dukung atau kontra asalkan tertib sesuai dengan aturan," jelasnya.

Sebelumnya, akibat hujan deras sejak 31 Desember 2019 malam hingga 1 Januari 2020 pagi, banjir terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Akibat banjir, ribuan orang terpaksa mengungsi. BPBD DKI merilis rekap laporan banjir di hari kelima banjir, Minggu, 5 Januari 2020. Untuk wilayah Jakarta Pusat sudah tidak ada pengungsi.

Untuk Jakarta Utara masih ada 220 jiwa di tiga lokasi pengungsian, Jakarta Barat 2.752 jiwa di empat lokasi, Jakarta Selatan 393 jiwa di delapan lokasi pengungsian, dan Jakarta Timur 1.036 jiwa di enam titik pengungsian.

"Total pengungsi adalah 4401 jiwa dengan 21 titik lokasi pengungsian," tulis Kapusdatin BPBD DKI M Ridwan dalam keterangannya, Minggu, 5 Januari 2020.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.