Menilik Keampuhan Dukungan Amien Rais dalam Kongres PAN

Oleh Liputan6.com pada 16 Jan 2020, 01:40 WIB
Diperbarui 16 Jan 2020, 18:19 WIB
Amien Rais

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Amien Rais di Partai Amanat Nasional (PAN) dinilai masih dominan dan berpengaruh untuk mengarahkan dukungan para kader untuk menentukan pemenang dalam Kongres partai. Malah seolah siapapun yang didukung, hampir dipastikan memenangkan Kongres 2020 yang rencananya digelar 12 Februari nanti di Sulawesi Tenggara.

Pengamat Politik Emrus Sihombing menilai, tak ada satu pun kader PAN yang membantah pernyataan Amien. Bahkan, Zulkifli Hasan tak punya kekuatan untuk melawan pendiri partai itu.

"Jadi, siapapun yang didukung Amien Rais pasti menang," kata Emrus di Jakarta, Rabu (15/1/2010).

Hal itu terbukti dari setiap Kongres PAN. Ketika Amien berpihak, di sana kemenangan kandidat. Termasuk kemenangan Zulkifli Hasan di Kongres PAN ke IV.

"Bagi yang meninggalkan Amien Rais, secara otomatis saya berkeyakinan kalau bahasa kasarnya kader tersebut bakal kualat," ujar dia. 

Senada dengan Emrus, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menilai, figur Amien Rais masih kuat di PAN. Bahkan, Ketua Dewan Kehormatan PAN itu masih dianggap mampu menentukan kemenangan kandidat di kongres PAN nanti.

"Ingat waktu pemilihan ketum PAN lima tahun lalu. Terjadi pertarungan antara Zulhas dengan Hatta Radjasa. Dan yang menang Zulhas karena di back up Amien Rais. Suara dan perintah Amien Rais masih diikuti oleh para kader PAN," katanya kepada wartawan kemarin.

Menurutnya, dukungan Amien Rais di kongres memiliki pengaruh besar terhadap kandidat. Siapapun kandidat yang didukung berpeluang meraih kemenangan.

"Kalau Zulhas meninggalkan Amien Rais dalam kongres nanti, kecil kemungkinannya Zulhas kembali menang," katanya.

Seperti diketahui, beberapa kali dukungan Amien Rais di Kongres PAN menjadi sinyal kemenangan salah satu kandidat. Pada kongres PAN ke III tahun 2010. Saat itu Soetrisno Bachir melawan Hatta Rajasa, Amien memberikan dukungan kepada Hatta. Terbukti, bekas Menteri Riset dan Teknologi tepilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum DPP PAN pada Kongres PAN ke-3 tanggal 9 Januari 2010 di Batam.

Begitu juga saat Hatta bertarung dengan Zulkifli Hasan di Kongres ke IV. Dengan dukungan Amien, bekas Ketua MPR  ini terpilih menjadi Ketua Umum PAN periode 2015-2020. Padahal, Hatta mampu meningkatkan kursi PAN di Senayan.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓