Bupati Ini Tengah Kembangkan Obat Sembuhkan HIV dan AIDS

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 13 Jan 2020, 02:08 WIB
Diperbarui 13 Jan 2020, 10:15 WIB
Bupati Puncak

Liputan6.com, Jakarta Rakernas I PDIP kali ini tengah mengusung jalan rempah untuk industri nasional. Bupati Puncak, Papua yang juga kader partai tersebut Willem Wandik, mengatakan tak ada yang salah dengan tema ini.

"Tema ini sangat benar. Sesuai konteks dunia yang sedang berkembang. Bagaimana potensi rempah-rempah bisa dikembangkan," ujar Willem di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Minggu (12/1/2020).

Sebagai salah satu bukti, dia menuturkan di Puncak tengah dikembangkan obat dari tumbuhan. Obat ini untuk mengobati HIV dan AIDS.

Satu di antaranya, yang dapat dikembangkan dari Puncak, Papua adalah obat tradisional yang diyakini dapat menyembuhkan HIV atau AIDs.

"Daerah Puncak juga ada salah satu alat yang namanya obat tradisional untuk penyembuhan HIV/AIDS yang sedang dikembangkan," ungkap Willem.

 

2 of 3

Diperlukan Penelitian

Menurut dia, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai tanaman tersebut. Seperti dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), peneliti, atau dari badan riset yang ada.

"Saya sedang dorong. Saya sangat welcome kalau ada yang mau meneliti. BPOM, riset atau peneliti untuk obat riset. Tumbuh-tumbuhan di papua luar biasa," pungkasnya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓