PDIP Beri Beri Ruang ke Gibran Maju Pilkada Solo

Oleh Liputan6.com pada 12 Jan 2020, 22:01 WIB
Diperbarui 13 Jan 2020, 23:14 WIB
Hasto Kristiyanto

Liputan6.com, Jakarta - Putra Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka diberikan lampu hijau oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk maju menjadi calon Wali Kota Solo. Hal ini disampaikan Megawati dalam arahannya di Rakernas PDIP, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Ibu dalam pengarahannya juga menegaskan partai membuka diri terhadap anak muda Indonesia untuk bersama dengan partai. Ya tentu saja Mas Gibran juga punya kepedulian yang begitu besar, dan tentu saja partai membuka ruang itu," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, Minggu malam (12/1/2020).

Menurut Hasto, PDIP banyak pemimpin muda yang berhasil. Oleh karena itu, PDIP membuka kesempatan bagi Gibran untuk maju di Solo.

"Tentu saja Mas Gibran juga punya kepedulian yang begitu besar dan tentu saja partai membuka ruang itu. Apalagi banyak pemimpin muda dari PDIP yang berhasil," ujar dia.

Mengenai Achmad Purnomo yang sama-sama dari PDIP dan menjadi lawan Gibran di Solo, Hasto mengaku kalau saat ini masih dibahas. Sebab, hal ini adalah wewenang ketua umum partai.

"Itu adalah kewenangan Ibu Megawati Soekarnoputri akan disampaikan pada momentum yang tepat," pungkas Sekjen PDIP ini.

2 of 3

Gibran Tak Diundang

Gibran Cari Simpati
Gibran Rakabuming Raka memakai sarung saat menjadi pembicara Talkshow Ngaji Eknomi Kreatif di Pondok Pesantren Al Muayad Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, tidak hadir dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP I 2020 di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Bakal calon Wali Kota Solo itu tidak hadir karena tidak mendapatkan undangan.

Gibran mengaku tidak mendapatkan undangan menghadiri Rakernas I 2020. Ia pun menduga tidak diundangnya dalam rapat tersebut lantaran dirinya merupakan anggota baru di partai yang berlambang banteng moncong putih.

 "Saya kan enggak dapat undangan atau perintah dari partai untuk berangkat ke rakernas. Mungkin karena masih kader baru," kata dia kepada wartawan di Ndalem Gondosuli, Kamis malam, 9 Januari 2020.

Meski demikian, Gibran tidak mempermasalahkannya karena saat ini juga sedang sibuk blusukan dan silaturahmi ke warga untuk persiapan maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo pada Pilkada 2020.

"Saya masih ada banyak acara di Solo yang harus saya hadiri. Seperti pertemuan dengan pelaku wisata di sini," ujar dia.

Sedangkan dari Solo yang hadir dalam Rakernas PDIP di Jakarta malah rival Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, yang juga merupakan bakal calon Wali Kota Solo yang diusung DPC PDIP Solo.

"Saya dapat undangan untuk hadiri acara Rakernas PDIP di Jakarta," kata Achmad Purnomo.

 

 

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓