Sukses

Jadi Ketua LPOK, Said Aqil Harap Semua Ormas Bisa Kerjasama Perkuat Budaya Indonesia

Said Aqil menegaskan LPOK bukan didasari perkumpulan politik. Serta kepentingan pihak-pihak lain.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan (LPOK) Said Aqil mengkuhkan keorganisasian LPOK. Dia menjelaskan lembaga tersebut adalah bagian dari seluruh ormas-ormas yang ada di Indonesia. Mulai dari antar organisasi islam 14 dengan organisasi di luar islam. Seperti PGI, KWI, Hindu, Buddha, serta Khonghucu.

"Dalam rangka ingin memperkuat budaya Indonesia, yaitu persatuan dan kesatuan, solidaritas sebagai bangsa, bukan hanya sekadar toleransi, saling tolong menolong, bergandengan tangan, gotong royong yang kita harapkan," kata Said usai melakukan pengukuhan di Gedung PGI, Jakarta Pusat, Sabtu (11/1/2019).

Dia menegaskan LPOK bukan didasari perkumpulan politik. Serta kepentingan pihak-pihak lain.

"Bukan perkumpulan politik, saya tidak ada kepentingan politik sama sekali. Sudah umur 67, 3 tahun lagi sudah selesai. Tidak ada ambisi politik," kata Said Aqil.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Seluruh Ormas

Said menjelaskan nantinya lembaga tersebut akan memperkuat seluruh ormas yang ada di Indonesia. Yaitu dengan cara berdiskusi mulai dari ekonomi hingga kesehatan. Dia mencontohkan jika nantinya ada rumah sakit, ada pengurus dari kalangan ormas.

"Jadi jangan hanya ketika mau bangun gereja datang ke tokoh-tokoh agama. Persaudaraan dibangun sebelum ada kepentingan," ungkap Said.

Dia juga menjelaskan LPOK juga masih menerima beberapa ormas untuk bergabung di dalamnya. Dia mengklaim lembaga tersebut terbuka pada siapa saja.

"Yang mau silakan. Baik di LPOK yang Islam, maupun LPOK, terbuka," kata Said.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.