Sukses

Wakil Ketua PAN: Sangat Bijak Jika Pak Amien Rais Netral di Kongres

Namun begitu, ia menyerahkan keputusan dan pilihan politik itu kepada Amien Rais.

Liputan6.com, Jakarta - Amien Rais diharapkan tidak lagi terlibat dalam pertarungan pada Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) 2020. Pendiri partai berlambang matahari itu diminta bersikap netral dan tidak mendukung salah satu kandidat.

Wakil Ketua DPP PAN, Viva Yoga Mauladi mengapresiasi adanya usulan agar mantan Ketua Umum PAN, Amien Rais bersikap netral di kongres mendatang. Menurut dia, ketidakberpihakan Amien kepada salah satu calon ketua umum di arena kongres merupakan langkah bijak, dan akan menjadikannya sebagai bapak seluruh kader partai. 

"Sangat bijak jika Pak Amien tidak memihak. Pak Amien ditempatkan sebagai wasit yang melihat seluruh kadernya melakukan kompetisi," ujar Viva di Jakarta, Jumat 10 Januari 2020.

Namun begitu, ia menyerahkan keputusan dan pilihan politik itu kepada Amien Rais. Menurutnya, langkah Amien mendukung salah satu kandidat merupakan hak sebagai kader partai.

Lebih lanjut, Viva mengakui, ketokohan Amien di PAN masih berpengaruh dan cukup efektif dalam mendulang dukungan para kader. Namun keputusan akhir dalam memilih ketua umum PAN periode mendatang berada di tangan para kader yang memiliki hak suara.

"Semuanya, tergantung pada kader PAN memilih nanti. Seberapa pengaruhnya Pak Amien, saya tidak bisa menjawab. Yang jelas ada pengaruhnya," jelas dia.

Sebelumnya, Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Adi Prayitno mengatakan, demi kebesaran dan lancarnya suksesi kepemimpinan di PAN, idealnya Amien Rais mengayomi semua calon ketua umum, bukan mendukung salah satu calon.

"Sebagai guru bangsa, setidaknya bagi kader-kader PAN, sebaiknya Pak Amien berdiri di atas semua calon ketua umum, bukan mendukung salah satunya," ujar Adi di Jakarta.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Kondusivitas

Menurut dia, ketidakberpihakan Amien kepada salah satu calon ketua umum akan menjaga kondusivitas, keutuhan, serta soliditas seluruh kader partai. Selain itu, sikap netral dari salah satu pendiri PAN itu juga akan menjaga kehormatan Amien Rais yang dianggapnya tidak tergantikan di PAN.

"Kalau Pak Amien mendukung salah satu calon, nanti muncul stigma bahwa calon lain berarti melawan Pak Amien. Padahal, ini kan demokrasi semua berhak maju membesarkan partai," tambahnya.

Lebih lanjut, Adi mengusulkan agar para bakal calon ketua umum PAN tak menarik Amien Rais tarik terlalu jauh dalam kongres mendatang. Sebab, posisi ideal dari Ketua Dewan Kehormatan berada di luar pertarungan, tak masuk dalam gelanggang politik elektoral persaingan calon ketua umum ini. "Apalagi semua calon ini adalah santri santri Pak Amien," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.