Sukses

HUT PDIP, Megawati, Hasto, dan Prananda Lihat Pameran Rempah

Hasto mengatakan , PDIP akan memprioritaskan isu ilmu pengetahuan, riset, inovasi dan teknologi, sebagai kunci untuk memakmurkan Indonesia secara berdikari.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah membuka Rakernas I dan HUT ke-47 PDIP, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Pusat Analisis dan Pengendalian Situasi PDIP Prananda Prabowo, berkeliling melihat pameran rempah di lokasi acara.

Semuanya mengenakan mobil golf untuk ke lokasi. Sesekali, Hasto terlihat berbicara dengan Megawati. Diskusi tampak ringan, karena Megawati tampak beberapa kali tersenyum dalam pembicaraan tersebut.

Pameran rempah-rempah ini merupakan bagian yang ingin ditonjolkan PDIP di Rakernas I. Hasto berpandangan, rempah Indonesia mampu mengangkat kesejahteraan rakyat tanpa menghilangkan identitasnya.

PDIP, kata Hasto, akan memprioritaskan isu ilmu pengetahuan, riset, inovasi dan teknologi, sebagai kunci untuk memakmurkan Indonesia secara berdikari.

"Rakernas I menggelar pameran tentang kekayaan pangan, bumbu-bumbuan, rempah, kekayaan hayati, berbagai aplikasi teknologi dan lain-lain, yang menunjukkan keyakinan partai bahwa Indonesia memiliki modal yang begitu besar untuk maju. Pameran terbuka untuk publik dari 10 Januari, jam 19.00 WIB hingga Minggu 12 Januari 2020, jam 18:00 WIB," kata Hasto di JI Expo, Kemayoran, Jumat (10/1/2020).

Jamu Diserbu Banyak Orang

Sementara itu, jamu yang disediakan PDIP untuk peserta dan pengunjung habis tak bersisa. Seluruh jamu yang diedarkan baik di pameran rempah-rempah dan digendong oleh ibu-ibu, semuanya ludes diminum para peserta dan pengunjung.

Saat pembukaan Rakernas I PDIP tampak puluhan ibu yang menggendong jamu yang tampak terisi penuh. Begitu juga jamu yang ada di pameran rempah-rempah. Namun, jamu itu tak tersisa.

"Jamunya sudah habis, mas," kata seorang ibu yang menggendong jamu kepada peserta Rakernas I PDIP.

Kegiatan minum jamu ini memang menjadi agenda utama pembuka Rakernas I PDIP. Agenda ini sebagai salah satu upaya menggaungkan kembali kejayaan rempah khas nusantara. Agenda ini diberi nama 'minum jamu berjemaah'.

Sebanyak, 4.731 peserta hadir dalam acara Rakernas I PDIP ini. Namun yang membuat arena Rakernas I PDIP membludak, karena adanya pameran rempah-rempah. Pameran itu dibuka untuk umum.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri dalam pidato politiknya mengatakan, pihaknya sengaja mengambil tema 'Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Bebasis Riset dan Inovasi Nasional' agar kebijakan pembangunan bersadar pada kondisi objektif dan potensi ekonomi dengan melibatkan seluruh kekuatan bangsa.

"Kebijakan pembangunan harus berlandaskan riset dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang tentu saja tetap berpedoman pada ideologi pancasila. Artinya, pancasila wajib diimplementasikan dalam kebijakan pembangunan segala bidang yang terencana terukur terarah berbasis pada riset kepada kebutuhan ril rakyat," kata Megawati saat membuka Rakernas I PDIP.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Didi Kempot

Selain ada pameran rempah dan jamu, penyanyi Didi Kempot menghangatkan peringatan HUT ke-47 dan pembukaan Rakernas I. Dia menjadi tamu kejutan yang mengisi rangkaian acara yang penuh dengan pagelaran seni.

"Selamat ulang tahun PDIP yang ke-47," teriak Didi Kempot sebelum menggebrak dengan lagu pertama Sewu Kutho. Selanjutnya dia menyanyikan lagu Banyu Langit dan Stasiun Balapan.

Didi Kempot tampak luwes dan lepas bernyanyi di hadapan Presiden RI Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Ketua Umum PDI Megawati Soekarnoputri, puluhan tamu VVIP, serta ribuan peserta yang menghadiri HUT ke-47 PDIP dan Rakernas I di Jiexpo, Jumat (8/1/2020).

Setelah menyanyikan lagu itu, peserta Rakernas meminta lagu Pamer Bojo. Tapi sambil bercanda, Didi menolak permintaan itu.

Kemudian naik ke atas panggung para artis Nusantara bersama Didi Kempot menyanyikan lagu Pancasila Rumah Kita karya Franky Sahilatua.

Usai lagu itu, Didi Kempot kembali tampil dengan menyanyikan lagu Pamer Bojo. Suasana semakin meriah. Lagu itu sekaligus menjadi pamungkas acara peringatan HUT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.