Sukses

Pelindo III Bagikan Ribuan Paket Sembako untuk Para Korban Banjir di Gresik

Selain membagikan paket sembako, Pelindo III juga membuka posko bantuan pengobatan dan membantu perbaikan tanggul yang jebol.

Liputan6.com, Jakarta Cuaca ekstrem yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Jawa Timur, mengakibatkan kerusakan yang cukup besar. Ribuan rumah terendam, dan banyak infrastruktur rusak diterjang air bah. Salah satunya melanda Desa Iker-iker Geger, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, yang dilewati Kali Lamong. 

Sejumlah pihak pun mulai mengirimkan bantuan kepada warga yang terdampak, termasuk Pelindo III. Pada Jumat (10/01) pagi, sejumlah perwakilan karyawan Pelindo III mendatangi beberapa lokasi banjir di Desa Iker-iker Geger, yang terdampak langsung akibat meluapnya Kali Lamong.

Tim Pelindo III mendatangi korban dan juga bertemu dengan pejabat pemerintahan setempat mulai dari lurah hingga petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mendata kerusakan sekaligus menyalurkan bantuan yang dibutuhkan.

“Saya mengirim tim dari Pelindo III untuk berkoordinasi dengan wilayah-wilayah yang terdampak banjir. Mereka membutuhkan bantuan makanan/sembako, obat-obatan, pakaian, dan matras,” ujar Direktur Utama Pelindo III Doso Agung.

Ia menambahkan, perusahaan yang dipimpinnya langsung mengirimkan kurang lebih 2.500 paket sembako dan bahan makanan untuk didistribusikan kepada para korban banjir di wilayah Gresik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posko Bantuan Pengobatan

Selain bantuan makanan, Pelindo III juga menyiagakan Posko Bantuan Pengobatan melalui anak usaha Pelindo III yakni Rumah Sakit PHC. Doso menambahkan, pihaknya juga tengah menyiapkan penyediaan alat-alat berat untuk perbaikan tanggul-tanggul yang jebol akibat banjir.

“Tim Pelindo III Peduli Banjir terus kami siagakan untuk membantu lebih banyak korban banjir. Kami akan mengoordinasikan bantuan tersebut dengan pejabat di daerah terdampak, termasuk BPBD Gresik sebagai penanggung jawab penanangan bencana,” papar Doso.

Sementara itu, Kepala Desa Iker-iker Geger Kristono menyatakan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan oleh Pelindo III.

 

“Saya mewakili warga desa Iker-iker Geger yang terdampak banjir menyatakan terima kasih atas kepedulian Pelindo III membantu warga kami yang menjadi korban banjir. Yang pasti bantuan sembako dan pengobatan gratis ini besar sekali manfaatnya dan dapat dirasakan langsung oleh para korban. Kami juga sangat berterima kasih karena akan dibantu disediakan alat berat untuk perbaikan tanggul yang jebol. Perbaikan itu sangat diperlukan untuk jangka panjang, mengantisipasi jika ada banjir lagi,” ujar Kristono.

Hujan deras yang melanda Jawa Timur beberapa pekan terakhir di awal tahun 2020 telah membuat Kali Lamong yang melewati sejumlah wilayah meluap dan merendam sejumlah wilayah di sekitarnya. Pelindo III berkomitmen akan terus membantu para korban terdampak banjir sebagai wujud dari BUMN hadir untuk negeri.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini