Sukses

Anies Targetkan Jakarta Keluar dari 10 Kota Termacet di Dunia

Untuk mencapai itu, Gubernur Anies Baswedan menyebut bahwa tantangan terbesar adalah menyediakan kendaraan umum terintegrasi.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan, Jakarta keluar dari 10 kota termacet di dunia. Dia menyebut, saat ini Jakarta menduduki posisi ke tujuh yang sebelumnya berada di posisi keempat pada 2017.

"Jadi, kita nanti turun dari itu semua, tidak lagi menjadi kota termacet. Kenapa? Karena warganya pindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum," kata Anies di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Untuk mencapai itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut, tantangan terbesarnya adalah menyediakan kendaraan umum terintegrasi dengan tarif murah hingga terjangkau secara geografis.

Penyediaan transportasi terintegrasi itu nantinya dilakukan dengan memodifikasi empat stasiun milik PT KAI. Rencananya selesai pada Maret 2020. 

Empat stasiun yang rencananya terintegrasi yaitu Stasiun Senen, Juanda, Tanah Abang, dan Sudirman.

"Ini kita di sini hanya sedikit jumlahnya. Tetapi implikasinya, ratusan juta orang nanti akan merasakan perubahan di dalam siklus kesehariannya," ujar Anies Baswedan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transportasi Umum yang Terintegrasi

Karena hal itu Anies mengharapkan upaya pengintegrasian dapat meningkatkan transportasi yang lebih baik.

"Ini semua tidak lain tidak bukan adalah kita memastikan di Jakarta akan ada pelayanan transportasi umum yang terintegrasi yang lebih baik," ucap Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.