Sukses

PDIP Promosi Kekayaan Pangan Nasional di Rakernas

Hasto menjelaskan, tema dalam Rakernas dan HUT ke-47 PDIP kali ini adalah bahwa Indonesia dengan alam raya yang indah dengan segala potensi pangannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto meninjau gladi resik perayaan HUT ke-47 dan rapat kerja nasional (rakernas) partainya di Kompleks JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis 9 Januari 2020. Dia kemudian langsung berkeliling hall.

"Memastikan semuanya sudah siap," kata Hasto singkat sembari meninjau.

Hasto mengatakan, seharusnya kunjungan ini dilakukan siang hari tadi. Namun karena mobilnya tenggelam karena banjir dan diare menyerang, kunjungan baru dilakukan sore hari.

"Untungnya teman saya memberikan puyer cap Kupu-kupu. Itu juga obat tradisional. Dengan puyer cap Kupu-kupu ternyata sangat ampuh. Sehingga saya langsung meninjau kegiatan persiapan HUT PDI Perjuangan ke 47 dan Rakernas dan semua berjalan dengan baik dengan tertib," terang Hasto.

Hasto menjelaskan, tema besar yang ingin digelorakan dalam Rakernas dan HUT ke-47 PDIP kali ini adalah bahwa Indonesia dengan alam raya yang indah dengan segala potensi pangannya.

Hasto mengatakan, sejalan dengan slogan Indonesia Maju yang diajukan Presiden Joko Widodo, PDIP ingin memajukan pariwisata, spiritualitas, serta keanekaragaman pangan yang bisa dimanfaatkan untuk industri obat-obatan.

"Kemudian teknologi terapan yang dikembangkan oleh anak-anak Indonesia ini yang akan diangkat. Termasuk dengan jalur rempah itu bagaimana kita adalah bangsa yang punya tradisi ke luar membangun peradaban, bukan bangsa yang melihat ke dalam," papar Sekjen PDIP ini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buku Mustika Rasa Garapan Sukarno

Hasto mengatakan, Rakernas dan HUT ke-47 PDIP ini juga terasa spesial. Karena, banyak bekal yang akan diberikan kepada ribuan kader yang hadir.

Salah satunya, sebuah tas berisi buku Mustika Rasa yang berisi banyak resep masakan khas Indonesia.

"Kami akan membagikan Buku Mustika Rasa. Bayangkan pada tahun 60-an, selama tujuh tahun, Bung Karno pernah memerintahkan agar seluruh resep masakan Indonesia dijadikan buku resep petunjuk-petunjuk tentang kuliner nusantara. Jadi lidah dan perut rakyat Indonesia tidak boleh terjajah oleh makanan impor," kata Hasto saat jumpa pers persiapan Rakernas I dan HUT Ke-47 PDIP di markas PDIP, JakartaPusat, Rabu 8 Januari 2020.

Rakernas I dan HUT PDIP ke-47 akan dihelat di JIEXPO Kemyoran, Jakarta mulai 10 Januari hingga 12 Januari 2020.

Pantauan di lokasi, Kamis 9 Desember 2019, ornamen Bung Karno tampak menghiasi tiap sudut dekorasi halam JIEXPO, mulai dari tembok hingga tiang-tiang ramai dengan foto-foto Sang Proklamator.

Selain itu, tampak juga bakul-bakul jamu yang disiapkan untuk menyambut para kader banteng dengan hidangan minuman sehat. Menurut Ketua DPP PDIP Djarot Saeful Hidayat, jamu-jamu ini juga sebagai simbol ketahanan pangan.

"Karena ke depan kita akan menghadapi kelangkaan pangan, jadi jamu ini adalah bagaimana kita memperlihatkan jika pangan kita kuat, karena jamu itu produk asli Indonesia," kata Djarot di lokasi, Kamis (9/1/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.