Sukses

Ancaman Laut Pasang, Ancol Pastikan 48 Pompa Berfungsi Normal

Sebagai bentuk mitigasi dampak banjir, Manajemen Ancol telah menyiapkan 26 rumah pompa air yang dilengkapi dengan 48 unit pompa.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi Jakarta hingga 12 Januari 2020. Selain hujan lebat dan petir, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mengungkapkan bahwa akan terjadi pasang maksimum di daerah pesisir Jakarta Utara.

Sebagai bentuk mitigasi dampak banjir, Manajemen Ancol telah menyiapkan 26 rumah pompa air yang dilengkapi dengan 48 unit pompa.

"Dengan kapasitas buang 447,1 m3/menit dan saat ini kondisinya semua berfungsi dengan baik," kata Head Coorporate Communications Ancol, Rika Lestari dalam keterangannya, Kamis (9/1/2020).

Sementara untuk memastikan agar seluruh gorong-gorong atau saluran air di kawasan Ancol lancar, secara rutin Manajemen Ancol juga melakukan pembersihan sampah di saluran air di kawasan Ancol termasuk rumah pompa (chamber).

"Selain itu, Manajemen Ancol juga bekerjasama dengan pengelola pintu air kopro Ancol untuk memonitor level air untuk mengatisipasi debit volume air baik banjir yang berasal kiriman dari hulu maupun dari pasang tinggi air laut,” ujarnya.

Petugas penjaga pantai serta keamanan, lanjut Rika, juga disiagakan untuk memonitor dan mengawasi seluruh aktivitas pengunjung serta memberikan himbauan secara periodik melalui sound area.

"Kami menghimbau agar pengunjung tidak perlu khawatir untuk ke Ancol, berhubung saat ini memasukk musim hujan maka jangan lupa bekali dengan payung atau jas hujan agar aktivitas rekreasi tetap nyaman" tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Ancol