Sukses

Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Tasikmalaya

Hendro menyebutkan hingga pukul 05.37 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Liputan6.com, Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,8 menguncang wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat dan sekitarnya pada pukul 05.05 WIB.

Berdasarkan data yang tercatat oleh BMKG, gempa bumi tektonik itu terletak pada koordinat 8.10 Lintang Selatan dan 107.95 Bujur Timur. Tepatnya berada di laut pada jarak 54 kilometer Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 11 kilometer.

Menurut Kepala Balai BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, jika ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Tasikmalaya dan Ciamis dengan Skala Intensitas III MMI, Garut dan Cianjur II-III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," kata Hendro dalam keterangan resminya, Bandung, Kamis (9/1/2020).

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Gempa Susulan

Hendro menyebutkan hingga pukul 05.37 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

Hendro meminta kepada masyarakat agar memastikan informasi resmi soal gempa bumi dengan skala Magnitudo kurang dari lima hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website http://balai2.bmkg.go.id/.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.