Sukses

Wali Kota Bekasi: Warga Pondok Gede Permai Harus Direlokasi

Wali Kota Bekasi mengaku tengah mengantisipasi cuaca ekstrem yang diperkirakan akan jatuh pada 10 dan 11 Januari.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendy ikut dalam rapat penanganan banjir yang dipimpin Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka. Dia mengaku telah membahas soal upaya relokasi warga Perumuhan Pondok Gede Permai dengan Jokowi.

Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi merupakan salah satu daerah di Jabodetabek yang paling parah terdampak banjir pada awal 2020. Bahkan, banjir di wilayah tersebut tingginya bisa mencapai empat meter.

"Tadi saya ngomong sama Presiden, Pondok Gede Permai harus direlokasi, dijadikan holder," ujar pria yang akrab disapa Pepen itu usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Namun, Pepen mengatakan warga Pondok Gede Permai enggan untuk direlokasi. Padahal, relokasi bertujuan untuk melebarkan badan sungai agar perumahan itu tak lagi diterjang banjir apabila masuk musim penghujan.

"Tapi kan mereka enggak pernah mau (direlokasi) dari 2014 warganya," kata Pepen.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Cuaca Ekstrem

Perumahan Pondok Gede Permai menjadi lokasi rawan banjir karena lokasinya berdekatan dengan aliran Sungai Cikeas dan Sungai Cileungsi. Karenanya, setiap masuk musim hujan daerah tersebut seringkali terkena banjir.

Pepen mengaku tengah mengantisipasi cuaca ekstrem yang diperkirakan akan jatuh pada 10 dan 11 Januari. Dia pun meminjam pompa air ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk meminimalisir banjir di Bekasi.

"Kami masih berjalan, kami informasikan. Harus siap dan hati-hati menghadapi cuaca ekstrem ini," tutur Pepen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.