Sukses

BMKG: Waspada Hujan Lebat Plus Petir di Jabodetabek pada Kamis Pagi

Intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia termasuk JABODETABEK pada 8-12 Januari 2020.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia termasuk Jabodetabek pada 8-12 Januari 2020. Prakiraan potensi hujan sedang-lebat di wilayah Jabodetabek akan terjadi dalam beberapa waktu.

Tanggal 8 Januari 2020, diprediksikan potensi hujan dengan intensitas sedang dapat terjadi mulai siang hari di wilayah Bogor, Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Tangerang Selatan, Bekasi bagian barat. Pada malam hari, hujan di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

Sementara pada 9-10 Januari 2020, potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir dapat terjadi mulai dini hari menjelang pagi hari terutama di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi, sebagian Depok dan Bogor.

"Intensitas hujan dapat menurun pada pagi menjelang siang hari, dan berpeluang kembali meningkat pada sore menjelang malam,"kata Deputi Bidang Meteorologi. Mulyono R. Prabowo dalam keterangannya, Rabu (8/1/2020).

Kondisi hujan di wilayah Jabodetabek relatif berkurang pada  tanggal 11-12 Januari 2020. Kondisi hujan relatif berkurang dibandingkan dengan periode tanggal sebelumnya. "Hujan dengan intensitas ringan-sedang masih dapat terjadi terutama di wilayah Bogor, Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi dan Tangerang," ujarnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Periode 9-12 Januari

Secara umum, BMKG memprediksi hujan dengan intensitas sedang-lebat masih berpotensi terjadi di wilayah Jabodetabek pada periode 09-12 Januari 2020, namun tidak se-ekstrem hujan yang terjadi pada tanggal 01 Januari 2020. Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti angin kencang, genangan, banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.

"Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui call center 021-6546315/18, bmkg.go.id atau  follow media sosial @infoBMKG," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.