Sukses

Gerindra Apresiasi Langkah Jokowi Tinjau Natuna

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menilai, langkah pemerintah ketika merespons klaim sepihak China atas laut Natuna sudah tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi bertolak menuju Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, untuk melakukan kunjungan kerja. Sekira pukul 07.35 WIB, Mantan Gubernur DKI Jakarta akan meninjau jajar kapal dan bertemu dengan ratusan nelayan.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad memuji langkah Jokowi yang berkunjung ke Natuna. Menurutnya, kunjungan Jokowi semakin menegaskan kepada dunia bahwa laut Natuna merupakan daerah kedaulatan Indonesia.

"Terkait dengan kunjungan Pak Jokowi ke sana (Natuna) dalam meningkatkan moral pasukan kita, kemudian menunjukkan bahwa kita ini negara yang berdaulat ya kita harus apresiasi," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menilai, langkah pemerintah saat merespons klaim sepihak China atas laut Natuna sudah tepat.

"Langkah-langkah yang diambil menurut saya sudah tepat dan memang meningkatkan jalur diplomasi penekanan penting menurut saya," ujar Dasco.

Dasco berpendapat, untuk menyelesaikan permasalahan di laut Natuna, pemerintah Indonesia perlu mengedepankan diplomasi dengan dengan negara-negara lain, termasuk melibatkan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Karena kan memang dalam diplomasi ini juga bisa nanti tidak hanya melibatkan G2G (government to government). Misalnya lembaga PBB saya pikir kalau memang ada ketidaksesuaian karena kita lihat waktu dengan Malaysia putusan arbitrase yang sifatnya mengikat saja tidak dipatuhi kan begitu," imbuh dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Bertolak ke Natuna

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (8/1/2020). Kunjungan Jokowi tersebut pascakapal coast guard milik China berlayar di perainan laut Natuna.

Berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers, Media, dan Sekretariat Presiden, Jokowi beserta rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, sekitar pukul 07.35 WIB. Jokowi menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Raden Sadjad, Kabupaten Natuna, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan langsung menuju Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa. Disana, dia direncanakan bertemu meninjau jajar kapan dan bertemu dengan ratusan nelayan.

Kemudian, Jokowi menuju Kantor Bupati Kabupaten Natuna untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat. Usai acara, Kepala Negara akan menuju Pangkalan TNI AU Raden Sadjad untuk kemudian lepas landas kembali ke Jakarta.

Dalam kunjungan kali ini, Jokowi didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, hingga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Ada pula Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.