Sukses

BNPB: Intensitas Hujan Lebat 9-12 Januari di Jakarta, Tidak Seekstrem 1 Januari 2020

Potensi hujan intensitas sedang hingga lebat memang masih ada di Jakarta, terutama periode tanggal 9 - 12 Januari 2020.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih ada di Jakarta, terutama pada periode 9-12 Januari 2020. Meski demikian, BNPB memprediksi bahwa intensitas hujan tidak seekstrem curah hujan pada 1 Januari 2020.

"Memang ada potensi hujan sedang-lebat di Jakarta, namun kami memprediksi intensitas hujannya tidak seekstrem curah hujan 1 Januari," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo, dalam keterangannya, Rabu (9/1/2020).

Agus meminta masyarakat, khususnya di wilayah Jabodetabek, tidak perlu panik mengenai potensi curah hujan tinggi. "Tidak perlu panik, tapi waspada,"ucapnya.

Agus meminta semua pihak tetap waspada, siaga, dan menyiapkan rencana darurat keluarga. Langkah ini juga perlu diterapkan oleh setiap keluarga di Indonesia. "Mengingat potensi bahaya bisa terjadi kapan pun dan di mana pun," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Sebelumnya, BMKG merilis update hasil analisis kondisi dinamika atmosfer yang menunjukkan masih adanya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia untuk sepekan ke depan.

Ada indikasi terjadinya mpeningkatan aktivitas monsun Asia yang dapat menyebabkan penambahan massa udara basah di wilayah Indonesia.

“Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada,” kata Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono R. Prabowo dalam keterangannya, Minggu (5/1/2020).

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan lebar disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah sebagai berikut ini:

Periode 09 – 12 Januari 2020:- Aceh- Sumatera Utara- Sumatera Barat- Riau- Kepulauan Riau- Jambi- Bengkulu- Bangka Belitung- Sumatera Selatan- Lampung- Banten- DKI Jakarta- Jawa Barat- Jawa Tengah- DI Yogyakarta- Jawa Timur- NTT- Kalimantan Barat- Kalimantan Tengah- Kalimantan Utara- Kalimantan Timur- Kalimantan Selatan- Gorontalo- Sulawesi Utara- Sulawesi Tengah- Sulawesi Barat- Sulawesi Selatan- Sulawesi Tenggara- Maluku- Maluku Utara- Papua Barat- Papua

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

Video Terkini