Sukses

Megawati Terima Gelar Doktor Honoris Causa ke-9 di Tokyo

Megawati turut didampingi oleh putranya, Muhammad Prananda Prabowo, bersama istrinya, Nancy Prananda, serta putranya yang bernama Muhammad Prabhaswara.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri hari ini akan menerima gelar Doktor Honoris Causa (DR HC) dari Soka University, Tokyo.

Dia turut didampingi oleh putranya, Muhammad Prananda Prabowo, bersama istrinya, Nancy Prananda, serta putranya yang bernama Muhammad Prabhaswara.

Sejumlah menteri Kabinet Gotong Royong era pemerintahan Presiden Megawati pada periode 2001-2004 juga menghadiri pemberian gelar tersebut. Di antaranya mantan Menteri Pertanian Bungaran Saragih, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri, serta mantan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro.

Kemudian Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan serta mantan Wakil Rektor Universitas Indonesia Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bambang Wibawarta.

Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP yang juga Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah juga tampak hadir, bersama politikus PDIP yang adalah Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery.

"Penganugerahan gelar ini menjadi doktor honoris causa ke sembilan bagi Ibu Megawati," kata Basarah dalam keterangannya, Rabu (8/1/2020).

Dia menuturkan, partainya sangat bangga akan gelar tersebut. Ini adalah kado terindah untuk HUT PDIP ke-47 nanti.

"PDIP sangat berbangga dengan penghargaan ini. Apalagi diberikan menjelang peringatan HUT ke-47 PDIP. Gelar Doktor Honoris Clausa yang ke sembilan kali ini kepada Bu Mega adalah salah satu hadiah Ulang Tahun ke-47 PDIP yang terindah," ungkap Basarah.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar ke-9

Sebelumnya, Megawati telah memperoleh gelar DR HC dari delapan universitas, baik dari Indonesia ataupun mancanegara.

Kedelapan universitas itu adalah adalah DR HC dari Waseda University, Tokyo, Jepang (2001), Moscow State Institute of International Relations, Rusia (2003), Korea Maritime and Ocean University, Korea Selatan (2015).

Kemudian Universitas Padjadjaran Bandung (2016), Universitas Negeri Padang (2017), Mokpo National University, Korea Selatan (2017), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (2018), serta Fujian Normal University, China (2018).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri