Sukses

Megawati: Tak Ada yang Mudah, Anak Muda Indonesia Jangan Cepat Mellow

Megawati Soekarnoputri bakal memperoleh gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Soka di Jepang, Rabu, 8 Januari 2020.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan harapannya agar anak-anak muda Indonesia tak sedih alias mellow bila cita-citanya belum kesampaian. Bila terus berusaha, dia percaya akan ada jalan baru untuk terus berprestasi dan menggapai cita-cita tersebut.

Megawati mengaku dirinya tak asal bicara. Sebagai putri proklamator RI, mantan presiden, dan kini memimpin parpol terbesar di Indonesia, jalan Megawati tak pernah mulus-mulus saja.

Di tengah rangkaian aktivitasnya di Jepang sebelum menerima gelar doktor kehormatan dari Soka University, Rabu pagi, 8 Januari 2020, Megawati berkisah bahwa ternyata dirinya bercita-cita menjadi seorang peneliti.

"Saya sebetulnya ingin menjadi peneliti, makanya saya ambil jurusan pertanian," kata Megawati.

Kampusnya adalah Universitas Padjajaran Bandung. Namun, karena kondisi sosial politik dengan munculnya rezim Orde Baru, Megawati tak sampai selesai mengarungi pendidikannya di sana.

Namun, cita-cita sebagai peneliti itu tak padam. Berikutnya dia berkesempatan kembali ke kampus dan kali ini memilih jurusan psikologi di Unversitas Indonesia. Dan kembali studi itu tak selesai.

"Setelah keadaan mulai membaik saya masuk lagi ke Universitas Indonesia ambil Fakultas Psikologi," kata Megawati.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perempuan Berpengaruh di Dunia

Walau tak menyelesaikan studinya, Megawati mengaku tak berhenti mengasah kemampuan penelitiannya. Namun, jurusannya kini lebih meluas dan universitasnya adalah kehidupan itu sendiri.

Dan terbukti Megawati kini mampu menjadi salah satu perempuan berpengaruh di dunia dan diakui oleh berbagai belahan dunia. 

"Sebetulnya, inginnya di situ (bidang pertanian dan psikologi) bisa menjadi peneliti. Tapi rupanya ya lain lagi. Saya peneliti politiklah sekarang. Jadi ya begitulah. Tapi poin saya, seringkali anak muda saya lihat putus asa. Terus apa ya, kalau sekarang anak muda bilang mellow, ya. Lah kenapa ya mesti begitu?" kata Presidenke-5 RI itu.

"Harusnya punya fighting spirit. Itu yang harus ada, karena keberhasilan pasti ada sepanjang harapan masih ada," tandasnya.

Sesuai jadwal, Megawati Soekarnoputri bakal memperoleh gelar doktor honoris causa (DR HC) kembali. Kali ini adalah Universitas Soka di Tokyo, Jepang yang akan memberikan gelar doktor kehormatan untuk Presiden ke-5 RI itu.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Soka University Tokyo menganugerahkan gelar doktor honoris causa bidang kemanusiaan untuk Megawati.

 

(Reporter: Mohammad Reza Ramadhansyah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri