Sukses

Hujan Diprediksi Merata di Seluruh Indonesia, BPPT Siap Lakukan Modifikasi Cuaca

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi ke depan.

"Jadi prediksi cuaca sepekan ke depan, diprediksi intensitas hujan sedang-lebat masih akan terjadi," kata dia, usia rapat di Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Curah hujan yang demikian, jelas Dwikorita akan terjadi merata di seluruh wilayah Indonesia. Dari Barat hingga Timur, Sumatera sampai Papua.

"Di wilayah Sumatera bagian selatan, seluruh Jawa, Bali, hampir seluruh Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, serta Kalimantan Sulawesi, Maluku, dan Papua," ungkapnya.

Ditemui secara terpisah, Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, prediksi bahwa hujan deras masih akan berlangsung menjadi patokan bagi pihaknya. Salah satunya dalam melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

"Iya. Banyak. Ada rilis BMKG terkait dengan cuaca ekstrem," kata dia.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mitigasi Bencana

Sebaran hujan yang merata di seluruh wilayah Indonesia, lanjut dia, membuat pihaknya akan menjalankan operasi TMC untuk mengurangi curah hujan di daerah lain. Bukan semata hanya di Jabodetabek.

"Kita akan lakukan itu. Upaya kita nanti ke Jawa Tengah, Jawa Timur serta daerah lain yang memang memerlukan untuk mitigasi bencana.

"Ini terus (operasi TMC). Karena cuaca ekstrem kita prediksi, ya menurut BMKG akan terjadi hingga akhir Januari malah akan masuk ke puncak di Februari. Jadi kita harus secara berkesinambungan, persisten untuk bisa melaksanakan pencegahan-pencegahan terhadap perkiraan cuaca," tandas dia.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG