Sukses

BMKG Minta Banten Waspada karena Hujan Lebat Akan Terjadi Besok

BMKG juga minta daerah lain seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera dan Gorontalo bersiap, karena hujan ekstrem akan meluas.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengimbau sejumlah daerah untuk waspada. Hal ini terkait prediksi terjadinya hujan dengan intensitas tinggi di sejumlah daerah.

Salah satu daerah yang dia sebut, yakni Banten. Menurut dia, jika menilik prediksi BMKG, hujan dengan intensitas tinggi bakal terjadi di wilayah bagian barat daerah itu.

"Dengan probabilitas 90 persen pada 8 Januari diprediksi dapat terjadi di Banten bagian barat. Artinya Banten masih perlu waspada terus," kata dia, usai rapat di Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (7/1/2019).

Tak hanya Banten, hujan dengan intensitas tinggi juga diprediksi bakal terjadi di Jawa Tengah bagian tengah dan barat. Juga di Gorontalo.

"Itu masih. Intensitasnya bisa mencapai 50 sampai 150 mm. Itu tanggal 8 sampai 9 (Januari)," ungkapnya.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Meluas

Sementara untuk tanggal 9 hingga 10 Januari, lanjut Dwikorita, hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi di Wilayah Jawa Barat. Terutama bagian barat dan tengah.

"Jadi meluas. Tadinya hanya di Banten barat. Termasuk juga di pantai Sumatera Barat terus sampai ke selatan sampai pantai Lampung. Jadi mohon diwaspadai," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.