Megawati: Cari Ilmu Pengetahuan Bukan Sekedar Gelar

Oleh Liputan6.com pada 06 Jan 2020, 15:23 WIB
Diperbarui 06 Jan 2020, 15:23 WIB
Megawati Soekarnoputri bakal memperoleh gelar doktor honoris causa (DR HC) dari Universitas Soka di Tokyo, Jepang, Rabu lusa.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bakal memperoleh gelar doktor honoris causa (DR HC) dari Universitas Soka di Tokyo, Jepang, Rabu lusa.

Ini akan menjadi DR HC ke sembilan bagi Megawati. Bahkan, sehabis Universitas Soka, dijadwalkan akan menerima penganugrahan kembali.

Megawati mengaku tidak tahu kenapa sejumlah universitas dalam negeri ataupun luar negeri berniat mengapresiasi dirinya melalui gelar kehormatan.

"Kan bukan saya yang nyari. Tapi kan orang mungkin melihat saya. Mungkin dengar dari omongan dari pidato saya. Karena bagi saya itu yang juga harus diketahui, sering kali anak muda mengejar gelar padahal itu hanya sebuah tanda. Bahwa dia sudah selesai sekolah di sebuah tempat. Padahal yang kita ingin lakukan mencari ilmu pengetahuan," ujar Megawati saat berbincang dengan media di Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang (6/1/2020).

Sebelum berbincang dengan media, Megawati bertemu dengan Pimpinan Soka Gakkai International dan Universitas Soka Tokyo.

Presiden kelima RI ini pun menceritakan saat dirinya tak bisa menyelesaikan kuliah dan mendapat nasihat dari ayahanda, Presiden pertama RI Soekarno.

"Jadi ketika saya tidak dibolehkan kuliah karena keadaan politik, ayah saya hanya mengatakan begini. 'Udah cari ilmu pengetahuan dimana saja'. Jadi maksudnya saya otodidak. Dari situ saya senang baca, bertanya, saya senang diskusi dan hal itu yang mungkin membuat akhirnya ada nilai sehingga orang berikan honoris causa pada saya," papar Megawati.