Sukses

6 Hal tentang Bocah yang Digigit Ikan Aligator

Ikan aligator menggigit ketika bocah berumur 1,5 tahun bernama Zishan Ocean Barra sedang bermain di dekat kolam di lingkungan Lapas

Liputan6.com, Bandung - Ikan aligator menggigit tangan seorang bocah saat berada di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II Sukamiskin Bandung.

Ikan aligator itu menggigit ketika bocah berumur 1,5 tahun bernama Zishan Ocean Barra sedang bermain di dekat kolam di lingkungan Lapas.

Zishan datang ke Lapas bersama bibinya Phalosa La Syeina Yoshiveda (16) dan kakaknya Yuka Afida Awara (27) serta dua keponakan lainnya untuk menjenguk sanak saudaranya.

Kejadian itu pada Kamis, 2 Januari 2020 lalu. Setibanya di ruang kunjungan lapas pukul 10.00 WIB, Phalosa bersama sang kakak menemui sanak saudara yang dibesuk. Suasana ruang kunjungan saat itu sedang ramai.

Tak jauh dari ruang kunjungan, ada arena bermain dan ada kolam di dekatnya. Kolam itu tak mencurigakan dan Zishan pun tak luput dari pandangan.

Namun, ketika ada warga binaan yang berteriak ada ikan galak di dalam kolam, Phalosa pun langsung lari ke keponakannya tetapi sudah terlambat.

Berikut 6 hal tentang kejadian ikan aligator menggigit bocah dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kronologi Kejadian

Insiden ikan aligator menggigit bocah itu terjadi ketika sang bocah bernama Zishan tengah bermain di dekat kolam yang berada di lingkungan Lapas Perempuan Kelas II Sukamiskin Bandung.

Bibi Zishan, Phalosa La Syeina Yoshiveda (16), menceritakan insiden yang terjadi pada Kamis, 2 Januari 2020 lalu. Dia bersama ketiga keponakannya sedang membesuk saudara di Lapas Perempuan Sukamiskin. Phalosa juga ditemani kakaknya Yuka Afida Awara (27).

Setibanya di ruang kunjungan lapas pukul 10.00 WIB, Phalosa bersama sang kakak menemui sanak saudara yang dibesuk. Suasana ruang kunjungan saat itu sedang ramai.

Tak jauh dari ruang kunjungan, Phalosa melanjutkan, terdapat area bermain berupa ayunan. Sedangkan di pinggir ayunan yang berjarak beberapa meter terdapat kolam berwarna pink dan biru.

"Kedua keponakan saya (Zishan dan Athala) berjalan mendekat ke kolam dekat ruang kunjungan itu. Mungkin karena ada ayunan dan kolam yang menarik perhatian anak-anak," kata Phalosa ditemui Liputan6.com di Bandung, Jumat, 4 Januari 2020.

Semula dia tak mencurigai kolam yang berdiameter sekitar 40 meter persegi tersebut. Namun, setelah dua warga binaan menyebut ada 'ikan galak' di kolam, Phalosa sontak mengejar kedua keponakannya.

Nahas, sebelum Phalosa sampai ke kolam jari telunjuk Zishan sudah keburu digigit ikan Aligator. Menurut Phalosa yang menyaksikan dekat insiden itu, keponakannya baru mendekatkan tangan ke atas kolam.

"Dia enggak pegang kolam, tapi tangannya kaya mau masuk gitu. Sebelum tangannya masuk itu ikannya loncat dan sempat menggigit tangan keponakan saya," ujar Phalosa.

 

3 dari 7 halaman

Tak Ada Tanda Peringatan

Suara tangis Zishan pecah. Bocah itu menangis sekeras-kerasnya sambil darah terus bercucuran dari jari tangannya.

Phalosa menampik jika dirinya tak mengawasi keponakannya Zishan yang tergigit ikan aligator. Di area kolam juga ia tidak menemukan tanda peringatan.

"Soalnya tidak ada pagar yang membatasi kolamnya. Jadi kita kira kolam itu cuma ada ikan mas. Tidak kepikiran kan ada ikan Aligator," cerita Phalosa.

 

4 dari 7 halaman

Tercatat Izin Membawa Anak

Phalosa mengaku sudah mendapatkan izin membawa anak ke dalam lapas. Bahkan setiap kunjungan ke lapas selalu tercatat dalam daftar kunjungan anak.

"Waktu kejadian memang tidak ada foto atau video karena sesuai aturan dilarang membawa alat komunikasi dan alat dokumentasi," katanya.

Phalosa juga yakin ikan yang menggigit tangan keponakannya hingga terluka adalah ikan Aligator. Hal itu berdasarkan pengakuan dari para penghuni lembaga pemasyarakatan perempuan tersebut.

"Semua napi saat kejadian itu juga bilang ikan Aligator," katanya.

 

5 dari 7 halaman

Dirujuk ke Rumah Sakit

Mendapati luka di tangan keponakannya, Phalosa bersama Yuka membawa Zishan ke Poliklinik Sukamiskin. Namun akhirnya Zishan dirujuk ke Rumah Sakit Hermina untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih lengkap.

"Di poliklinik sempat ada dokter yang menangani, cuma dibersihkan darahnya dan dikasih cairan infus. Di sana sempat mau dijahit cuma karena belum bisa dilakukan karena alatnya kurang lengkap. Lalu ada satu petugas bilang dibawa ke Hermina, dibawa lah pakai ambulans," kata Phalosa.

Di Hermina, ibu Zishan, Alina Putri Zahara (32) datang menyusul. Sang putra kemudian kembali mendapatkan perawatan berupa pembersihan luka.

"Setelah itu dipindah lagi ke Rumah Sakit Borromeus. Sesampainya di sana dikonsultasikan ke dokter bedah dan dijahit sebanyak dua jahitan," kata Phalosa.

 

6 dari 7 halaman

Ikan Titipan Mantan Napi

Kepala Lapas Perempuan Kelas II Sukamiskin Rafni Trikoriaty Irianta mengaku tak mengetahui jika ada ikan invasif yang dipelihara oleh petugas di kolam yang berada di lingkungan warga binaan.

"Kita nggak paham ikan itu bisa jadi segede itu, kita nggak ngerti. Padahal nggak ada kejadian apa-apa sebelumnya," kata Rafni saat dihubungi wartawan.

Setelah mendapati informasi korban tergigit ikan Aligator, pihak lapas langsung mengecek ke petugas lapas.

"Saya tanya juga anak buah saya, mereka nggak ngerti ikan itu bisa jahat loh," ujarnya.

Namun dari keterangan yang digali dari petugas, kata Rafni, ikan tersebut berasal dari seorang mantan narapidana.

"Itu tadinya jalan ceritanya memelihara ikan yang lain-lain seperti ikan Mas, Koki, Koi, pada gampang mati. Tapi pelihara ikan itu kok awet nggak mati-mati. Cuma dua biji itu. Kata pegawai saya diberikan mantan napi," ucapnya.

"Dipelihara dari kecil katanya sudah lama, saya juga nggak paham kok bisa begitu kan," sambungnya.

Dia pun membantah sengaja memelihara ikan tersebut.

"Kita juga nggak mau lah. Masa kita jahat menjahili anak orang," katan Rafni.

 

7 dari 7 halaman

Ikan Dimusnahkan

Atas kejadian yang menimpa bocah bernama Zishan, Lapas Sukamiskin sudah memberikan laporan kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar, Abdul Aris.

"Saya sudah berikan laporan atensi ke pak kadiv. Terserah nanti mereka bagaimana," ujar Rafni.

Rafni mengatakan, pihaknya bertanggung jawab atas insiden bocah 1,5 tahun bernama Zishan Ocean Barra digigit ikan aligator. Dua ekor ikan aligator yang berada di dalam kolam dikeluarkan dan telah dimusnahkan petugas.

"Sudah kita musnahkan, ngapain daripada celaka. Sebelum dimusnahkan difoto dulu," kata Rafni saat dihubungi wartawan, Sabtu, 4 Januari 2020.

Namun Rafni enggan menjelaskan pemusnahan dua ekor ikan aligator tersebut. "Dibunuh atau diapain saya nggak ngerti. Nanti saya tanyakan lagi ke petugas," ucapnya.

Pihaknya pun segera menyampaikan permintaan maaf kepada orang tua bocah tersebut dan siap bertanggung jawab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.