Hari Pertama Sekolah, Menteri Nadiem Pantau Langsung Bangunan Ambruk di Bogor

Oleh Devira Prastiwi pada 06 Jan 2020, 15:30 WIB
Diperbarui 06 Jan 2020, 15:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - SD Negeri 02 Cirimekar, Cibinong, Bogor, menjadi salah satu bangunan sekolah yang ambruk usai hujan deras melanda di penghujung tahun kemarin.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (6/1/2020, di hari pertama tahun ajaran baru, siswa-siswa terpaksa belajar dengan menempati tenda darurat.

Mendikbud Nadiem Makarim memantau langsung kondisi belajar mengajar di SDN 02 Cirimekar. Untuk sementara, siswa akan menumpang ke sekolah tetangga sambil menunggu proses renovasi sekolah selesai.

"Apalagi dengan bencana secepat ini koordinasi lintas kementerian, lintas pemerintah pusat, dan Pemda itu menjadi prioritas utama kami. Karena kalau tidak dikeroyok berbagai macam instansi tidak akan beres, tidak akan kelar pada waktunya," ujar Nadiem.

Sementara di Ibu Kota, upacara bendera mengawali hari pertama pelaksanaan belajar-mengajar usai libur panjang akhir tahun.

Siswa tetap khidmat melaksanakan upacara meski sebagian dari mereka masih belum sepenuhnya siap akibat rumah terendam banjir.

Di SDN 05 Petamburan, sejumlah siswa terpaksa tidak dapat mengenakan pakaian seragam lengkap karena masih dibersihkan akibat banjir.

"Yang pakaiannya tidak seragam seperti tata tertib yang ada, ini tetap kita beri kesempatan. Kita toleransi," ujar Kasudin Pendidikan Jakarta Pusat Slamet.

Selain pelajaran pokok, para siswa juga akan mengikuti trauma healing sebagai bagian dari penanganan psikis pasca-banjir. Dari 523 jumlah siswa, 70 persen di antaranya menjadi korban banjir.