Jamuan Sebelum Megawati Terima Gelar Doktor Honoris Causa di Jepang

Oleh Liputan6.com pada 06 Jan 2020, 12:48 WIB
Diperbarui 06 Jan 2020, 13:15 WIB
Megawati

Liputan6.com, Jakarta Sebelum menerima gelar Doktor Honoris Causa (DR HC) dari Soka University, Tokyo, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menghadiri jamuan makan siang yang diselenggarakan pimpinan Soka Gakkai International (SGI).

Acara jamuan makan siang bertempat di Restoran Shibazakura, Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang (6/1/2020).

Dari SGI, dipimpin oleh Wakil Presiden SGI, Hiromasa Ikeda yang diutus langsung oleh Presidennya yang bernama Daisaku Ikeda. Karena sudah sepuh, 92 tahun, Daisaku Ikeda menugaskan Wakil Presiden yang adalah adalah putra pertamanya.

Dalam kesempatan ini, Hiromasa Ikeda membawa langsung pesan dan cindera mata dari Daisaku Ikeda untuk Megawati.

Untuk diketahui, Presiden Kelima RI itu mengunjungi Negeri Sakura untuk menerima gelar Doktor Honoris Causa (DR HC) bidang kemanusiaan dari Soka University, Tokyo pada Rabu 8 Januari 2020.

Usai bersalaman dengan Hiromasa, Megawati menyerahkan kembang kepadanya. Sambil mengucapkan selamat ulang tahun. Hiromasa kaget dan tersenyum lebar atas kejutan kecil itu. Diapun mengucapkan terimakasih.

"Saya merasa gembira sekali bisa bertemu Yang Mulia Ibu Megawati," ucap Hiromasa Ikeda kepada Megawati.

2 dari 3 halaman

Eks Menteri Dampingi Megawati

Turut mendampingi Megawati saat jamuan antara lain sejumlah menteri Kabinet Gotong Royong era pemerintahan Presiden Megawati pada periode 2001-2004 yang juga bakal menghadiri pemberian gelar Dr HC untuk putri Proklamator RI Bung Karno itu. Di antaranya mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri, serta mantan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro.

Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah dan politisi PDIP yang juga Ketua Komisi III DPR Herman Hery juga ikut hadir. Serta Wakil Rektor Universitas Indonesia Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bambang Wibawarta serta sejumlah sahabat Megawati.

SGI ini tidak hanya memiliki Universitas di Jepang dan di Amerika saja, namun Soka Gakkai juga memiliki partai di Jepang bernama Partai Komeito. Partai Komeito berkoalisi dengan Partai Liberal Jepang (LDP) dan kedua partai tersebut saat ini adalah partai penguasa di Pemerintahan Jepang.

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓