Sukses

Pengacara Novel Beberkan Kejanggalan Penangkapan 2 Tersangka Teror Air Keras

Saor Siagian turut mendampingi pemeriksaan Novel Baswedan di Mapolda Metro Jaya.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya, Senin (6/1/2020). Novel diperiksa sebagai saksi terkait pengembangan kasus penyerangan menggunakan air keras yang menimpa dirinya.

Pengacara Novel Baswedan, Saor Siagian yang turut mendampingi ke Polda Metro mengungkapkan kejanggalan penangkapan dua tersangka penyerangan terhadap kliennya. Apalagi penyerangan itu disebut-sebut bermotif dendam pribadi. Dia pun menyinggung temuan tim pencari fakta bentukan Polri.

"Tim gabungan pencari fakta dibentuk oleh rekan-rekan polisi, di sana ada kepolisian yang handal, ada ahli di sana, ada KPK, ada Kompolnas. Dalam rekomendasi mereka, Novel ini diserang setidaknya (terkait) ada 6 kasus high profile," ucap Saor, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (6/1).

Saor mengatakan, kejanggalan juga terlihat pada sketsa pelaku yang dibuat polisi berdasarkan keterangan saksi-saksi. Bahkan menurut Novel, tidak ada kemiripan kedua pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka dengan sosok yang menyerangnya.

"Dia sendiri juga melihat kok setelah peristiwa itu siapa yang menyerangnya, dan setelah dikonfirmasi dari dua orang ini, menurut daripada Novel Baswedan bahkan dia sendiri tidak ada kemiripannya, misalnya dari sketsa pelaku," tuturnya.

Kejanggalan selanjutnya, ditambahakan oleh Saor, yaitu mengenai profesi dua penyerang Novel Baswedan yang merupakan anggota Polri aktif dan berdinas di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

"Dari sketsa, pelaku kan tidak pernah mengarah ke teman-teman polisi. Ternyata teman-teman penyidik menetapkan dua tersangka dari kepolisian," sambungnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ungkap Motif secara Transparan

Dia pun mendesak kepolisian mengusut tuntas motif penyerangan terhadap Novel Baswedan secara transparan kepada publik. Sebab, pihaknya menemukan banyak kejanggalan dari perkembangan penanganan kasus teror air keras itu.

"Dia (Novel) belum kenal sama dua orang ini. Waktu diserang kan dia lihat dan berkali-kali Novel Baswedan mengatakan ada keterlibatan jenderal dalam kasus ini. Dia (Novel) saya kira sudah terbuka soal itu. Makannya kita betul-betul ingin mengusut tuntas," kata Saor.

 

Reporter: Tri Yuniwati Lestari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.