PKS Siapkan 5 Kader untuk Pilkada Surabaya

Oleh Liputan6.com pada 06 Jan 2020, 07:42 WIB
Diperbarui 08 Jan 2020, 07:13 WIB
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Liputan6.com, Jakarta - PKS siapkan lima nama kader untuk maju dalam Pilkada Kota Surabaya 2020. 5 Kader PKS ini diperkenalkan di Hotel Singgasana Surabaya, Minggu (5/1/2020).

Mereka yakni, Kabid Kepemudaan DPW PKS Jatim Achmad Zakaria, Ketua Umum DPD PKS Surabaya Akhmad Suyanto, Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS Jatim Ahmad Jabir, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti, dan Anggota DPR RI Sigit Sosiantomo.

Ketua DPD PKS Surabaya Akhmad Suyanto mengatakan, kelima nama ini muncul setelah mendapatkan suara terbanyak dalam Pemilihan Internal Raya (Pemira) PKS yang telah dilakukan sebanyak dua kali pada tahun 2019 lalu.

"Nama-nama ini diutus partai untuk melakukan sosialisasi-sosialisasi untuk meningkatkan popularitas, elektabilitas, dan akseptabilitas," katanya.

Karena hanya memiliki 5 kursi di legislatif, maka PKS menyadari masih membutuhkan koalisi dengan partai lain. Untuk itu, kelima bakal calon ini pun mempunyai tugas untuk melakukan komunikasi politik dengan partai politik lainnya dalam rangka membentuk koalisi di pilkada.

"PKS kursinya cuma 5, maka PKS harus menjalin komunikasi politik untuk memenuhi syarat minimal mengajukan pasangan calon yaitu 10 kursi di tingkat DPRD Kota Surabaya," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Sosialisasi Hingga Maret

Dia pun menargetkan sosialisasi hingga akhir Maret 2020. Dari sosialisasi ini, nantinya PKS akan melakukan survei kepada kelima nama di atas untuk mengetahui popularitas, elekstabilitas, maupun akseptabilitasnya.

Setelah itu PKS baru menentukan siapa nama dari kelima nama tersebut yang akan mendapatkan rekomendasi untuk maju dalam Pilwali Surabaya 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓