Banjir Terjang Kota Tangerang, Empat Warga Meninggal Dunia

Oleh Liputan6.com pada 05 Jan 2020, 21:45 WIB
Diperbarui 05 Jan 2020, 21:45 WIB
Warga Ciledug Temukan Nenek Meninggal Dunia Saat Banjir
Perbesar
Warga Ciledug Temukan Nenek Meninggal Dunia Saat Banjir (Foto: Liputan6/Merdeka)

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten menyatakan jumlah korban meninggal dunia akibat banjir yang melanda 294 titik sejak hari Rabu 1 Januari 2020 berjumlah empat orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengatakan, keempat warga yang meninggal adalah Jhon Andres, Rodisana, M Fatir, dan Jamilah.

"Total empat warga yang meninggal dunia dari peristiwa banjir yang melanda Kota Tangerang sejak tanggal 1 Januari 2020," kata Liza seperti dilansir dari Antara, Minggu (5/1/2020).

Selain korban meninggal, Dinkes Kota Tangerang juga menerima 4.185 pasien akibat banjir. Rinciannya 2.668 pasien terserang penyakit dan 1.517 pasien luka-luka.

"Mereka sebagian terkena flu, diare dan penyakit ringan lainnya seperti penyakit kulit," ungkap Liza.

Selama Tanggap Bencana, Pemkot Tangerang membuka 41 Posko Kesehatan yang tersebar di 13 kecamatan. Warga pun diimbau untuk segera melapor dan mendatangi Posko Kesehatan apabila terserang penyakit.

"Terlebih, banyak dari korban juga menjalani pemulihan psikis dan medis," ucap Liza.

Posko Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang masih akan beroperasi sampai 07 Januari 2020. Penyuluhan kesehatan lewat edukasi PHBS juga akan menjadi salah satu langkah dalam proses pemulihan.

"Kita juga mengingatkan bahaya penyakit pasca banjir seperti Leptospirosis," tutup Liza.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓