Sukses

Anies Kerja Bakti Bersihkan Sisa Banjir Bareng Warga Makasar

Anies Baswedan mengaku sejak pagi sudah sampai di loaksi kerja bakti.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama sejumlah warga kerja bakti di kawasan Makasar, Jakarta Timur.

Kelurahan Makasar merupakan salah satu wilayah yang terdampak banjir pada Rabu, 1 Januari 2020.

Pantauan Liputan6.com Anies bersama warga membersihkan sejumlah tumpukan sampah dan lumpur bekas banjir. Petugas pemadam kebakaran juga mulai menyemprotkan air di bekas lumpur.

Tampak pula petugas dari Dinas Bina Marga, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Sumber Daya Air, TNI hingga pihak Kepolisian ikut serta dalam kerja bakti tersebut.

Anies mengaku sejak pagi sudah sampai di loaksi kerja bakti.

"Dari pagi ini, dari pukul 06.30 WIB," ucapnya di Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020).

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau SMAN 8 Jakarta. Sekolah yang berada di Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan itu terdampak banjir hampir setinggi 2 meter.

Usai meninjau, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meyakini proses belajar mengajar yang akan dilangsungkan pekan depan bisa berjalan normal dengan pengkondisian ruang belajar.

Selain itu, Anies juga menilai proses revitalisasi di SMAN 8 termasuk cepat. Sebab saat ia mendapat laporan, sekolah itu masih dipenuhi lumpur sisa banjir yang cukup tebal.

"Kembali sempurna belum, perlu waktu untuk pembersihan," ujarnya.

Berdasarkan data dari Kemendikbud per 3 Januari 2020 terdapat 290 sekolah terdampak banjir di wilayah DKI Jakarta, yang terdiri dari 201 sekolah terendam banjir dan 89 sekolah mengalami gangguan pada akses menuju sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.