Sukses

BNPB Minta Warga Gunakan inaRISK untuk Ketahui Potensi Bencana di Daerahnya

Sampai hari ini korban cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari lalu di sekitar Jakarta sudah mencapai 54 jiwa.

Liputan6.com, Jakarta - Sampai hari ini korban cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari lalu di sekitar Jakarta sudah mencapai 54 jiwa.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) banyaknya korban jiwa karena masyarakat tidak mengindahkan peringatan dini atau early warning yang diberikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) satu minggu sebelumnya.

Di samping itu, Humas BNPB Agus Wibowo menyebutkan, ketidakpahaman masyarakat atas potensi bencana di daerahnya juga menjadi salah satu penyebabnya.

"Kan kita punya inaRISK. inaRISK itu untuk mengecek kita bencananya ada apa sih," kata Agus di Gudang BNPB, Jatiasih, Bekasi, Sabtu (4/1/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Diunduh Gratis

Agus meminta masyarakat memanfaatkan aplikasi buatan BNPB itu untuk mengetahui potensi bencana di sekitar wilayahnya.

"Jadi kita bisa mengecek ada potensi apa di zona kita masing-masing. Potensi rendah itu 0-75 meter (potensi banjir)," terang Agus.

inaRISK ini sudah tersedia di Android dan macOS. Bisa diunduh secara gratis di Play Store bagi pengguna Android dan Apple Store bagi pengguna macOS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.