Pemprov DKI Siagakan Posko Medis 24 Jam untuk Korban Banjir

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 05 Jan 2020, 08:51 WIB
Diperbarui 05 Jan 2020, 08:51 WIB
Luapan Kali Ciliwung Masih Menggenangi Jalan Jatinegara Barat
Perbesar
Warga melewati banjir yang menggenangi kawasan Kampung Pulo, Jakarta, Kamis (2/1/2020). Hujan yang terjadi kemarin malam membuat Kali Ciliwung meluap ke jalan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mendirikan lima posko kesehatan 24 jam di kawasan Jakarta Timur.

Posko ini tersebar di wilayah terdampak banjir, seperti Kampung Pulo, Bidara Cina, dan Kampung Melayu, Jatinegara.

"Posko kesehatan terletak di Puskesmas Kampung Melayu, Kantor Sudinkes Jaktim, Rusun Jatinegara, GOR Otista, dan Kantor Kelurahan Bidara Cina," tulis siaran pers Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, Sabtu dini hari (4/1/2020).

Widyastuti menegaskan, tiap posko kesehatan, Dinkes DKI menerjunkan petugas kesehatan baik tim dokter, perawat, dan apoteker yang siap melayani para korban banjir yang membutuhkan bantuan.

Dia membantah kabar yang beredar bahwa posko kesehatan milik Pemprov DKI Jakarta di wilayah Jatinegara tutup pelayanan.

"Kabar itu tidak benar, karena saya keliling langsung ke lima posko itu, para petugas sibuk melayani korban," jelas dia.

Selain itu, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan jajaran BPBD dan Dinsos lainnya. Karenanya, selama ada pengungsi di lokasi tersampak, Dinkes DKI tetap buka pelayanan selama 24 jam.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Posko Kesehatan 24 Jam

Usai Banjir, Warga Kampung Melayu Gelar Kerja Bakti
Perbesar
Warga kerja bakti membersihkan sisa lumpur dan sampah usai banjir melanda Kampung Melayu, Jakarta, Jumat (3/1/2020). Banjir yang melanda Kampung Melayu menyisakan sisa sampah dan lumpur. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)

Widyastuti pun mengimbau bagi warga yang terdampak banjir agar mengakses posko kesehatan 24 jam ini. Karena para petugas siap siaga melayani korban banjir yang menderita gangguan kesehatan atau ingin mencegah penyakit pasca banjir surut dengan beragam obat yang lengkap.

"Warga tidak perlu ragu-ragu, silahkan mengakses layanan posko kami yang buka 24 jam," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta ini. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya