Sukses

Basarnas: Kami Siap Membantu Warga yang Butuh Pertolongan, Gratis!

Ia pun mengimbau, warga yang dalam kondisi bencana atau bahaya agar tidak sungkan untuk meminta bantuan kepada Basarnas.

Liputan6.com, Jakarta - Bencana banjir yang merendam sejumlah wilayah di Jabodetabek membuat banyak warga terjebak di kediaman mereka. Salah satu elemen yang memiliki tanggung jawab dalam melakukan pertolongan terhadap para korban bencana adalah Badan SAR Nasional atau Basarnas.

Menurut Humas Basarnas Joshua Banjarnahor, pelayanan Basarnas terhadap para korban bencana merupakan bentuk pengabdian mereka. Oleh karenanya, pelayanan tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

"Apabila ada oknum yang meminta bayaran harap dilaporkan kepada kami, dan kami pun tidak menerima bayaran dari warga yang sudah kami bantu," kata Joshua saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (3/1/2020).

Ia pun mengimbau, warga yang dalam kondisi bencana atau bahaya agar tidak sungkan untuk meminta bantuan kepada Basarnas.

"Kami berharap masyarakat seluruh Indonesia jangan khawatir dan enggan melaporkan setiap kejadian, baik yang berkaitan dengan kondisi membahayakan manusia, kecelakaan transportasi maupun penanggulangan bencana sehingga respons time dalam penanganan korban semakin cepat," jelas Joshua.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Call Center Basarnas

Adapun call center Basarnas yang beroperasi 24 jam ialah 115. Nomor ini bebas pulsa, artinya masyarakat yang memang membutuhkan bantuan tidak akan dikenakan tarif dari operator seluler.

"Akan tetapi masyarakat diharapkan bijaksana dalam penggunaannya," imbau Joshua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.