3 Upaya Penanganan Korban Banjir Jakarta, Banten, dan Jabar

Oleh Liputan6.com pada 03 Jan 2020, 19:07 WIB
Diperbarui 03 Jan 2020, 19:07 WIB
500 Warga Korban Banjir Mengungsi di GOR Pengadegan
Perbesar
Kondisi warga korban banjir yang mengungsi di Gelanggang Olahraga (GOR) Pengadegan, Jakarta, Jumat (3/1/2020). Sebanyak 500 warga mengungsi di dalam GOR Pengadegan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya akibat hujan yang turun sejak akhir tahun pada 31 Desember 2019 perlahan sudah mulai surut pada hari ini, Jumat (3/1/2020).

Namun, berdasarkan data yang diinformasikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui akun Twitter @BNPB_Indonesia, sebagian wilayah masih tergenang banjir.

"Warga mulai kembali dan membersihkan rumah-rumahnya dan petugas mulai membersihkan jalan wilayah yang surut. Direncanakan hari ini mulai melakukan modifikasi cuaca," tulis BNPB.

Sejumlah upaya penanganan terhadap korban banjir Jakarta dan sekitarnya pun dilakukan oleh berbagai instansi terkait.

Seperti, BNPB bersama BPBD, TNI, Polri, instansi terkait, dan relawan melakukan evakuasi dan pertolongan kepada warga yang terdampak banjir.

Berikut upaya penanganan korban banjir Jakarta, Banten, dan Jawa Barat dihimpun Liputan6.com:

2 dari 5 halaman

Mendirikan Posko

500 Warga Korban Banjir Mengungsi di GOR Pengadegan
Perbesar
Warga korban banjir tertidur di lokasi pengungsian di Gelanggang Olahraga (GOR) Pengadegan, Jakarta, Jumat (3/1/2020). Sebanyak 500 warga mengungsi di dalam GOR Pengadegan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sampai saat ini, sejumlah instansi terkait ataupun relawan terus melakukan evakuasi dan memberi pertolongan kepada warga yang menjadi korban banjir.

Pemerintah kabupaten dan kota juga mendirikan posko penanganan darurat bencana. Selain itu, dari data BNPB diketahui bahwa lembaga kementerian juga ikut turun tangan menangani korban banjir.

Dalam hal ini perwakilan BUMN akan membantu di posko wilayah yang terdampak banjir.

3 dari 5 halaman

Modifikasi Cuaca

20151101-Tim BPPT dan TNI AU Siapkan Teknologi Modifikasi Cuaca
Perbesar
Tim Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan TNI AU melakukan persiapan modifikasi cuaca (hujan buatan) untuk penanggulangan bencana asap di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, (01/11/2015). (Liputan6.com/Andrian Martinus)

Selain upaya evakuasi, Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) juga melakukan upaya penanganan lainnya.

Bersama BPPT dan TNI, BNPB akan melakukan modifkasi cuaca. Modifikasi cuaca dilakukan berupaya untuk menurunkan hujan di laut.

Tidak hanya itu, BNPB pun telah memberikan bantuan berupa peralatan dan bantuan logistik ke sejumlah wilayah Jabodetabek dan wilayah lain yang terdampak banjir.

4 dari 5 halaman

Dapur Umum

Dapur Umum
Perbesar
Demi menunjang aktivitas pencarian dan evakuasi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610, Dinas Sosial Karawang membangun dapur umum. (Liputan6.com/ Abramena).

Upaya penanganan korban yang terdampak banjir lainnya datang dari Kementerian Sosial. Dalam hal ini, Kemensos mendirikan dan mengoperasikan dapur umum.

Tak hanya Kemensos, penanganan di bidang kesehatan pun diupayakan oleh Kementerian Kesehatan. Kementerian Kesehatan memberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang terdampak banjir.

 

(Winda Nelfira)

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓