Sukses

Akses Tertutup Longsor, 2 Desa di Sukajaya Bogor Terisolasi

Longsor terparah terjadi di Desa Harkat Jaya dan Pasir Madang, Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Bogor dilanda banjir dan longsor pada Rabu 1 Januari 2020. Longsor terparah terjadi di Kecamatan Sukajaya. Bahkan, tim SAR masih kesulitan menuju lokasi, mengingat akses jalan utama masih tertutup longsor.

Data sementara dari Pusat Data dan Informasi BPBD Kabupaten Bogor, ada11 desa yang terdampak longsor, lima desa di antaranya masih terisolasi, yakni Desa Harkatjaya, Cileuksa, Pasir Madang, Desa Urug, dan Pasir Madang.

"Ada dua desa belum tersentuh bantuan yaitu Desa Cileksa dan Cisarua," kata Kasubag Prolap dan Pelaporan BPBD Kabupaten Bogor, Widayaka, Jumat (3/1/2020).

Longsor terparah terjadi di Desa Harkat Jaya dan Pasir Madang. Di Harkat Jaya empat orang meninggal dunia dan tiga orang lainnya dinyatakan hilang diduga tertimbun longsor. Sedikitnya 11 bangunan rata dengan tanah.

Korban meninggal yakni Charly (5), Asti (45), Muhammad Hudri (24), dan Rumsah (65). Sedangkan korban hilang Amri (60), Maesaroh (25), dan Cicih (5). Mereka adalah warga Kampung Harapan Jaya, Desa Harkat Jaya.

Sedangkan di Desa Pasir Madang ada dua kampung yakni Kampung Setu Kubangan dan Kampung Gunung Kembang. Bahkan, di dua kampung tersebut, ada beberapa rumah warga rata tertimbun longsor.

Saat ini ada 300 jiwa yang mengungsi di kantor desa. Selain itu, ada 30 KK di Pondok Pesantren, dan 15 orang di kantor kecamatan.

"Mereka juga belum mendapat bantuan secara maksimal karena akses ke sana masih tertutup longsor. Tapi hari ini hasil briefing pengiriman logistik akan menggunakan helikopter dipimpin oleh Wing 4 Lanud ATS," terangnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tertutup Longsor

Untuk mencapai desa-desa yang masih terisolasi, tim penyelamat masih berupaya mengeruk tanah di beberapa lokasi.

Salah satu akses jalan yang tertimbun material longsor berada di Desa Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg. Sampai pagi ini, jalur tersebut belum bisa dilalui kendaraan roda empat.

"Kita masih upayakan mendatangkan lagi alat berat untuk membuka jalur yang tertimbun longsor," kata Bupati Bogor, Ade Yasin ditemui di Posko Pengungsian Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kamis 2 Januari 2020.

Akses jalan yang masih tertutup, kata Ade, sangat menghambat penyaluran bantuan logistik dan proses evakuasi korban bencana tanah longsor.

"Tapi Kamis sore, jalur sudah mulai sedikit terbuka. Petugas sudah bisa menyalurkan bantuan pakai motor trail," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.