Sukses

Rumah Dinas Ketua DPR dan MPR Tak Sesuai Aturan?

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin mengatakan itu merupakan fakta yang terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan (Zulhas) dikabarkan masih menggunakan fasilitas sebagai Ketua MPR padahal kursi Ketua MPR saat ini telah dijabat Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Imbasnya, Bamsoet masih menggunakan fasilitas Ketua DPR RI sementara itu Puan Maharani menggunakan fasilitas rumah dinas menteri.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin mengatakan itu merupakan fakta yang terjadi. "Mereka bertiga tidak memiliki itikad yang baik untuk mengembalikan fasilitas masing-masing. Dan juga tidak memberi contoh yang baik pada masyarakat," ucap Ujang, Kamis (2/1/2020).

Dia menegaskan, sebagai pejabat publik, Zulhas hendaknya mengembalikan fasilitas yang sudah tidak melekat kepada dirinya karena telah mendapatkan fasilitas yang sesuai haknya.

"Seharusnya ketika mereka sudah dilantik di posisinya masing-masing, di jabatan yang baru. Di hari itu pula mereka mengembalikan fasilitas masing-masing dan mendapatkan fasilitas (baru) yang sesuai dengan haknya," katanya.

Secara etik menurut Ujang, pemanfaatan fasilitas jabatan yang tidak sesuai itu telah melanggar kepatutan. Karena itu dia menilai saat ini sedang dipertontonkan miskinnya keteladanan dari para elite.

Bahkan dia menilai, elite berbuat seenaknya dan tidak memberi suri tauladan yang baik pada rakyat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) merupakan lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.

    MPR

Video Terkini