Sukses

JK Tinjau Dapur Umum PMI untuk Korban Banjir di Klender

JK menyarankan agar PMI menjaga kualitas makanan untuk para korban banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla meninjau dapur umum di kantor PMI Jakarta Timur, Kamis (2/1/2020). JK tak lama berada di lokasi, hanya sekitar 15 menit.

Saat meninjau lokasi, JK sempat menyatakan bahwa dapur umumnya bagus.

"Bagus, dapurnya juga besar," ujar mantan Wakil Presiden RI itu di lokasi, Klender, Jakarta Timur.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Jaktim Budhi Pranoto menyebut jika JK sempat memberikan saran dan masukan kepada pihaknya untuk menjaga kualitas makanan untuk para korban banjir.

"Pak JK menyuruh agar tetap jaga kebersihan, tepat waktu, jangan sampai ada makanan yang terkontaminasi," ujar Budhi.

Menurut dia, JK sangat mendukung adanya dapur umum di PMI Jakarta Timur untuk membantu korban bencana di wilayah Jaktim.

"Pak JK mendukung semua yang kita lakukan. Kemudian agar lebih waspada lagi terhadap situasi yang terjadi, karena kemungkinan (hujan deras) hingga Maret, dan itu menjadi tugas PMI," kata Budhi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sarapan dan Makan Malam

Untuk hari ini, Budhi mengaku pihaknya sudah memberikan bantuan kepada korban sebanyak 12 ribu roti manis untuk sarapan. Kemudian untuk makan malam nanti, PMI Jaktim menyiapkan sekitar 7.500 nasi bungkus.

"12 ribu roti sudah ke pengungsian. 7 kecamatan, 23 kelurahan. Roti manis, untuk sarapan. Untuk makan malam sekitar 7.500. Kemarin 14.200 ratus (nasi bungkus). Kami juga kerja sama dengan salah satu fast food," kata Budhi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.