JK Tinjau Dapur Umum PMI untuk Korban Banjir di Klender

Oleh Fachrur Rozie pada 02 Jan 2020, 16:07 WIB
Diperbarui 02 Jan 2020, 16:07 WIB
pmi
Perbesar
Relawan sibuk menyiapkan makanan untuk korban banjir di dapur umum di kantor PMI Klender, Jakarta Timur, Kamis (2/1/2020). (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla meninjau dapur umum di kantor PMI Jakarta Timur, Kamis (2/1/2020). JK tak lama berada di lokasi, hanya sekitar 15 menit.

Saat meninjau lokasi, JK sempat menyatakan bahwa dapur umumnya bagus.

"Bagus, dapurnya juga besar," ujar mantan Wakil Presiden RI itu di lokasi, Klender, Jakarta Timur.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Jaktim Budhi Pranoto menyebut jika JK sempat memberikan saran dan masukan kepada pihaknya untuk menjaga kualitas makanan untuk para korban banjir.

"Pak JK menyuruh agar tetap jaga kebersihan, tepat waktu, jangan sampai ada makanan yang terkontaminasi," ujar Budhi.

Menurut dia, JK sangat mendukung adanya dapur umum di PMI Jakarta Timur untuk membantu korban bencana di wilayah Jaktim.

"Pak JK mendukung semua yang kita lakukan. Kemudian agar lebih waspada lagi terhadap situasi yang terjadi, karena kemungkinan (hujan deras) hingga Maret, dan itu menjadi tugas PMI," kata Budhi.

2 dari 3 halaman

Sarapan dan Makan Malam

Untuk hari ini, Budhi mengaku pihaknya sudah memberikan bantuan kepada korban sebanyak 12 ribu roti manis untuk sarapan. Kemudian untuk makan malam nanti, PMI Jaktim menyiapkan sekitar 7.500 nasi bungkus.

"12 ribu roti sudah ke pengungsian. 7 kecamatan, 23 kelurahan. Roti manis, untuk sarapan. Untuk makan malam sekitar 7.500. Kemarin 14.200 ratus (nasi bungkus). Kami juga kerja sama dengan salah satu fast food," kata Budhi.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓