Sukses

Minim Peralatan, Puluhan Warga Korban Banjir di Bidara Cina Belum Dievakuasi

Ada dua RW yang terdampak banjir akibat hujan deras yang terjadi pagi tadi. Menurutnya, sebangian warga masih ada yang belum dievakuasi.

Liputan6.com, Jakarta - Permukiman di Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, menjadi salah satu kawasan yang terendam banjir hari ini, Rabu (1/1/2020). 

Dilaporkan hingga malam ini, masih ada puluhan orang yang masih terjebak di rumahnya. Peralatan yang minim menjadi kendala dalam proses evakuasi.

"Kami tidak punya fasilitas yang memadai untuk menangkat orang-orang yang masih di rumahnya," ucap Widi Wika, warga setempat. 

Dia menyebut, setidaknya ada dua RW yang terdampak banjir akibat hujan deras yang terjadi pagi tadi. Menurutnya, sebangian warga masih ada yang belum dievakuasi.

"Yang kami data baru di wilayah yang paling parah. Itu yang dekat dengan bantaran Kali Ciliwung, yaitu RT 5, 14, 16, 17, dan 18. Kisarannya kurang 50 orang yang terjebak atap rumah," ucap dia.

Ketinggian air di kawasan tersebut, lanjut Widi, kurang lebih mencapai 2 meter. Diakuinya, fasilitas untuk mengangkat korban tidak memadai. Warga bahkan masih berharap ada bantuan dari pemerintah.

"Perahu, ban, pelampung life jacket kita nggak punya," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Air Belum Surut

Sebelumnya, banjir merendam sejumlah pemukiman di Tanjung Lengkong, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur. Hingga malam hari air tak kunjung surut.

Menurut keterangan warga sekitar, Abidin (65), banjir melanda dua Rukun Warga yaitu RW 06 dan RW 07.

"RW 06 itu seperti di RT 8, RT 14 dan 15. Sedangkan di RW 06 banjir terjadi di RT 8 sampai RT 18," kata dia saat ditemui Liputa6.com, Rabu (1/1/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.