Sukses

Rumah Dubes Kamboja di Kemang Jaksel Terendam Banjir

Saat kejadian banjir, rumah dubes tersebut hanya ditempati oleh asisten rumah tangga dan petugas keamanan.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah dinas Duta Besar Kamboja untuk Indonesia di Jalan Kemang Timur V, Kelurahan Bangka, Jakarta Selatan ikut terendam banjir. Lurah Bangka Novia Enita mengatakan, banjir merendam rumah Dubes Kamboja setinggi kurang lebih satu meter.

Air yang berasal dari Luapan Kali Mampang tersebut merendam seluruh ruangan yang ada di rumah Dubes Kaboja tersebut, termasuk dapur dan pekarangan.

"Kami dapat laporan rumah Dubes Kamboja ikut terendam banjir, jam 08.00 kami sudah mengecek lokasi dan menawarkan bantuan evakuasi," kata Novia seperti dilansir Antara.

Novia menyebutkan, lokasi rumah Dubes Kamboja tersebut berada persis di pinggir Kali Mampang yang tengah meluap akibat hujan.

Luapan Kali Mampang tersebut telah merendam kawasan Kemang Timur V yang terdapat pertokoan dan perkantoran.

Menurut dia, saat kejadian banjir, rumah dubes tersebut hanya ditempati oleh asisten rumah tangga dan petugas keamanan.

Dubes beserta keluarganya sedang berada di kampung halamannya di Kambobja untuk libur Natal. "Dubesnya tidak ada di Indonesia, lagi pulang ke negaranya," kata Novia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertahan di Rumah

Selain mengecek kondisi banjir, Lurah juga menawarkan bantuan evakuasi menggunakan perahu karet kepada asisten rumah tangga Dubes Kamboja tetapi ditolak dan memilih tetap menunggu di rumah.

"Mereka pilih tetap tinggal di rumah, karena instruksi pak Dubes mereka tidak boleh tinggalin rumah selama Pak Dubes pergi," kata Novia.

Di Kelurahan Bangka terdapat sembilan RT dari empat RW yang terendam banjir dengan ketinggian bervariasi dari satu meter hingga 1,5 meter.

Total ada sekitar 1.500 jiwa yang terdampak banjir, seluruh warga diungsikan ke sejumlah pos banjir yang telah didirikan di bebapa titik di Kemang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.