Sukses

Banjir Jakarta, Bandara Halim Kompensasi 100 Persen Jika Penumpang Batalkan Tiket

Dampak dari banjir Jakarta, banyak penumpang yang membatalkan keberangkatannya dengan menukar kembali tiket yang sudah dibeli.

Liputan6.com, Jakarta Dampak dari banjir Jakarta di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma, banyak penumpang yang membatalkan keberangkatannya dengan menukar kembali tiket yang sudah dibeli.

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Nandang Sukarna mengatakan, bagi penumpang yang sudah hadir atau datang ke bandara Halim Perdanakusuma dan ingin membatalkan flight, akan mendapat pengembalian 100% dari harga pembelian tiket.

"Kita sudah berkoordinasi dengan para travel baik Batik Air maupun Citilink itu sudah setuju diberikan kompensasi 100% pengembalian pembelian tiketnya, dan kemudian penawaran kedua dengan reschedule itu masih diberikan apabila seat masih tersedia," ucap Nandang di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2019).

Nandang mengatakan, berdasar visual air di landasan pacu bandara, banjir sudah mulai surut. Namun masih ada sisi-sisi landasan yang tergenang dengan panjang kurang lebih 10 meter. Oleh karena itu, penerbangan belum bisa dilakukan.

"Kondisi ini masih kita tetap buatkan berita acaranya, sebenarnya sejak pukul 15.00 WIB tadi sebetulnya sudah bisa digunakan, namun ini menyangkut keselamatan penerbangan itu masih kami perhitungkan," kata Nandang.

Menurut dia, ada 18 ribu penumpang yang terdampak banjir Jakarta, baik itu dari maskapai Batik Air ataupun Citilink.

"Dari hasil pembelian tiket baik itu Citilink ataupun Batik Air itu hari ini itu di angka 18 ribu penumpang. Sementara untuk kegiatan penerbangan sendiri Batik air itu ada 22 flight dan Citilink ada 19 flight hari ini," paparnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada yang Pindah ke Cengkareng

Nandang mengatakan untuk beberapa penerbangan dilakukan reroute ke Bandara Soekarno-Hatta. Untuk Batik Air sudah dua penerbangan yang diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta pagi tadi.

"Batik Air ada 35 flight berikutnya kami sudah reroute ke Bandara Soekarno Hatta, sementara dari Citilink sendiri ada yang cancel itu 19 flight yang empat flight tadi pagi sudah diberangkatkan dari Soekarno-Hatta," ujarnya.

Dan sementara ini untuk maskapai Citilink sendiri masih ada enam penerbangan untuk malam yang akan di reroute ke Bandara Soekarno Hatta. Untuk penumpang yang dipindahkan penerbangan ke Bandara Soetta pihak bandara sudah menyiapkan bus untuk mengantar penumpang ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Adapun kompensasi bagi yang reroute atau diberangkatkan ke Cengkareng, kita siapkan bis secara gratis dari Halim menuju Bandara Soekarno-Hatta," tutupnya.

 

Reporter: Tri Yuniwati Lestari

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini