Marsekal Hadi Imbau Anggota TNI-Polri Amankan Tahun Baru dengan Humanis

Oleh Liputan6.com pada 01 Jan 2020, 02:22 WIB
Diperbarui 01 Jan 2020, 02:22 WIB
kapolri

Liputan6.com, Jakarta - Sesaat menuju tahun yang baru 2020, masyarakat terus merayakan malam pergantian tahun di berbagai daerah. Meskipun hujan, mereka tetap antusias mendatangi tempat-tempat untuk merayakan pergantian tahun.

Pada kesempatan itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta personel TNI-Polri mengamankan tempat-tempat yang menjadi pusat perayaan pergantian tahun baru. Ia juga ingin agar anggotanya melakukan pengamanan dengan cara-cara yang humanis.

"Saya bersama Kapolri baru saja mengecek secara langsung terkait pengamanan perayaan tahun baru 2020 diseluruh wilayah Indonesia. Dan saya berikan motivasi kepada seluruh aparat keamanan Polri-TNI untuk bekerja secara humanis dan sesuai dengan SOP maupun protap," kata Hadi di Polda Metro Jaya, Selasa (31/12/2019) malam.

Dia juga berharap perayaan pergantian tahun berjalan dengan baik dan dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia dengan kondisi yang bahagia.

"Saya sampaikan kepada seluruh aparat di lapangan dan mudah-mudahan dengan apa yang saya lihat diseluruh wilayah, TNI dan Polri terus melaksanakan apa yang saya perintahkan dengan baik dan insyaallah semuanya akan bisa berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono mengaku situasi kondisi di Jakarta masih berjalan secara kondusif dan aman.

"Alhamdulillah sampai hari ini kegiatan masyarakat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dipusatkan di Bundaran HI, Monas kemudian Ancol dan TMII semuanya masih berjalan aman lancar dan kondusif. Kami kepolisian dan TNI sudah melaksanakan rencana pengamanan kegiatan jauh-jauh hari," ujar Gatot.

Ia berpesan kepada masyarakat agar dapat menghindari kegiatan konvoi. Karena dirinya ingin agar masyarakat dapat merayakan pergantian tahun dengan lancar.

"Hindari konvoi yang ada dan sama-sama merayakan dengan suka cita dan saya bersama jajaran kepolisian mengucapkan selamat tahun baru 2020 Kepada seluruh masyarakat di DKI Jakarta dan Sekitarnya," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Aman dan Damai

"Mari kita tata tahun 2020 dengan situasi yang lebih aman, damai dan sejuk. Dan mudah-mudahan ke depan Indonesia akan lebih maju dan lebih baik khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya," tutup Gatot.

Selain itu, Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Argo Yuwono menyebut, ada hampir dua ratus ribu personel yang diturunkan untuk mengamankan perayaan tahun baru 2020.

"Seluruhnya ada 191.807 personel TNI-Polri dan instansi terkait," sebut Argo.

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓