Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini Getarkan Ambon dan Toli-Toli

Kota Ambon, Maluku, menjadi wilayah pertama yang digetarkan gempa hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa pada hari ini kembali terjadi di Indonesia. Hingga pukul 18.30 WIB, ada dua kota di Nusantara yang digetarkan oleh lindu.

Informasi mengenai gempa ini dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di www.bmkg.go.id, Selasa (31/12/2019).

Kota Ambon, Maluku, menjadi kota pertama hari ini yang digetarkan lindu. Gempa tersebut terjadi pada pukul 07:04:55 WIB.

Setelah itu, gempa juga mendatangi Kota Toli-Toli, Sulawesi Tengah sekira pukul 12.18 WIB.

Berikut dua gempa yang menggetarkan Indonesia dihimpun Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ambon

Gempa pertama pada hari ini terjadi di Kota Ambon, Maluku pada pukul 07:04:55 WIB. Pusat gempa berada di laut 15 kilometer barat daya Ambon.

Lokasi gempa berada pada titik 3.76 Lintang Selatan-128.06 Bujur Timur. Lindu ini berkekuatan magnitudo 2,7 dengan kedalaman 10 kilometer.

 

3 dari 3 halaman

Toli-Toli

Selain itu, lindu juga terjadi di Kota Toli-Toli, Sulawesi Tengah. Gempa ini berkekuatan magnitudo 5,1 dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berada di darat 29 kilometer timur laut Toli-Toli. Lindu ini terjadi pada pukul 12:18:27 WIB.

Lokasi gempa berada pada titik 1.07 Lintang Utara-120.94 Bujur Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi