Sukses

Tahun Baru di Jakarta, Cek Transportasi yang Beroperasi hingga Lewat Tengah Malam

Transjakarta turut menyiapkan tambahan Armada Malam Hari (Amari) untuk melayani penumpang pada perayaan Tahun Baru 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah transportasi beroperasi lebih lama saat malam perayaan tahun baru di Jakarta. Layanan ini dilakukan untuk mengangkut warga yang ingin merayakan tahun baru di Ibu Kota.

Misalnya saja, Moda Raya Terpadu (MRT) dan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta yang akan memperpanjang jam operasionalnya hingga 1 Januari 2020 dini hari.

"Pada pukul 00.00-02.30 WIB, kereta akan berangkat tiap 12 menit," dikutip Liputan6.com dari akun instagram resmi MRT Jakarta @mrtjakarta, Selasa (31/12/2019).

Tak hanya MRT dan LRT Jakarta, PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta juga menyiapkan tambahan Armada Malam Hari (Amari) untuk melayani penumpang pada perayaan Tahun Baru 2020.

Berikut transportasi massal yang beroperasi hingga lewat tengah malam di Ibu Kota saat perayaan tahun baru dihimpun Liputan6.com:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transjakarta

Transjakarta meyiapkan 183 Armada Malam Hari (Amari) untuk melayanani penumpang pada perayaan Tahun Baru 2020. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

"Dari total normalnya 55 unit, ternyata sesuai prediksi ini akan meningkat pesat, termasuk beberapa masukan dari masyarakat sehingga kita tambah tiga kali lipat lebih selama pergantian tahun baru," kata Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Achmad Izzul Waro di Plaza Indonesia, Senin, 30 Desember 2019.

Penambahan armada itu akan diterapkan di seluruh koridor selain koridor 11 dan 12 yang tidak memiliki banyak peminat.

Penambahan juga dilakukan di rute 2C (Monas-JIExpo), rute 5H (Harmoni- Ancol), rute 1F (Palmerah-Bundaran Senayan via Asia Afrika), rute S12 (BSD- St Fatmawati), dan rute S31 (Bintaro- St Fatmawati).

Penambahan armada tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin merayakan pergantian malam tahun baru di pusat Ibu Kota.

Selain itu, terkait pelaksanaan perayaan tahun baru yang mengakibatkan penutupan jalan diadakan juga perubahan rute untuk Koridor 1.

Achmad mengatakan, pengalihan khususnya diberlakukan bagi rute yang melintasi Jalan Sudirman-Thamrin. Sebab, pada pukul 19.00 WIB kendaraan dilarang melintas sepanjang jalan itu.

"Jalan Sudirman-Thamrin akan ditutup karena Car Free Night," ujar Achmad.

1. Koridor 1 (Blok M-Kota) dibagi menjadi 3 skema:

a. Kota-Harmoni-Tomang-Koridor 9-Semanggi-Blok M (PP).

b. Poros Blok M: Blok M-Gelora Bung Karno-Putar Semanggi (PP).

c. Poros Kota: Kota-Harmoni-Monas-Putar Patung Kuda (PP).

2. Koridor 4 (Pulogadung-Tosari ICBC): Pulogadung 2-Dukuh Atas (Land Mark) - putar balik Land Mark (PP).

Sementara penambahan armada diterapkan di 11 koridor TransJakarta dan rute 2C (Monas-JIExpo), 5H (Harmoni-Ancol), 1F (Palmerah-Bundaran Senayan via Asia Afrika).

Untuk rute S12 (BSD-St.Fatmawati), dan S31 (Bintaro-St.Fatmawati) juga ditambah menjadi 8 armada yang beroperasi hingga pukul 03.00 WIB.

3 dari 4 halaman

MRT dan LRT

Warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin berpergian untuk merayakan momen pergantian tahun bisa menggunakan Moda Raya Terpadu (MRT) dan Lintas Rel Terpadu (LRT)

Khusus hari ini, Selasa (31/12/2019) MRT dan LRT Jakarta akan memperpanjang jam operasionalnya hingga esok dini hari. MRT rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan beroperasi hingga pukul 02.30 WIB dini hari pada malam tahun baru 2020. Selang waktu tiba (headway) setiap kereta MRT pada 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 dibagi menjadi tiga bagian.

Pertama, headway 5 menit dilakukan pada pukul 07.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB. Headway 10 menit pada pukul 05.00-07.00, 09.00-17.00, dan 19.00-24.00 WIB. Sementara headway 12 menit pada pukul 00.00-02.30 WIB.

"Pada pukul 00.00-02.30 WIB, kereta akan berangkat tiap 12 menit," dikutip Liputan6.com dari akun instagram resmi MRT Jakarta @mrtjakarta, Selasa (31/12/2019).

Selain MRT, LRT Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading juga memperpanjang jam operasionalnya untuk melayani pengguna yang merayakan malam pergantian tahun. LRT Jakarta akan beroperasi hingga pukul 02.00 WIB.

"Dengan keberangkatan kereta tiap 10 menit," seperti ditulis di akun resmi @lrtjakarta.

4 dari 4 halaman

KRL Commuterline

PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI), operator KRL Commuterline, memperpanjang jam operasionalnya demi memberikan pelayanan kepada pengguna jasanya yang merayakan momen pergantian tahun. KRL commuterline akan beroperasi hingga pukul 03.00 WIB.

"Perjalanan KRL tambahan tersebut diberlakukan mulai pukul 22.27 WIB sampai pukul 03.00 WIB," kata Vice President Corporate Communication PT KCI, Anne Purba dikutip dari keterangan resminya, Selasa (31/12/2019).

PT KCI menambah 28 perjalanan KRL khusus perayaan pergantian tahun. 28 perjalanan KRL itu terdiri dari, 9 perjalanan relasi Bogor/Depok-Kampung Bandan/Jakarta Kota (PP), 7 perjalanan relasi Cikarang/Bekasi- Jakarta Kota (PP), 4 perjalanan KRL relasi Rangkasbitung/Maja/Parungpanjang-Tanah Abang (PP).

Kemudian, 2 perjalanan relasi Tangerang-Duri (PP) dan enam perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Tanjungpriok- Jakartakota (PP).

"Jarak keberangkatan antar KRL tambahan pada malam pergantian tahun kali ini adalah lebih kurang 60 menit di beberapa lintas KRL Commuter Line," jelas Anne.

Untuk itu, PT KCI mengimbau masyarakat yang akan menggunakan KRL untuk dapat menyesuaikan waktu menuju stasiun sebelum waktu operasional KRL berakhir. Para pengguna juga dihimbau untuk tidak bermalam di stasiun.

Setelah pukul 03.00 WIB maka seluruh lokasi stasiun akan kembali steril. Hal ini guna kepentingan pembersihan dan perawatan fasilitas stasiun, sehingga dapat kembali melayani para pengguna esok harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.